Faktor Penyebab Pria Berselingkuh dan Solusinya

Photo by ciricara.com

Gemintang.com – Tak ada satupun manusia yang mau dikhianati cintanya. Karena pada akhirnya, perselingkuhan hanya akan menyakiti masing-masing pihak, memukul harga diri pasangan yang diselingkuhi dan menghancurkan suatu hubungan. Alasan dibalik pilihannya untuk berselingkuh memang banyak, tapi biasanya saat perselingkuhan itu terjadi, hal tersebut sebenarnya merupakan sebuah tanda bahwa si dia menginginkan dan membutuhkan perubahan dalam diri atau hubungan yang saat ini sedang dijalani. Untuk lebih jelasnya lagi, kamu harus tahu hal apa saja yang dapat membuat si dia berselingkuh. Cek, yuk!

Perselingkuhan terjadi karena dua faktor. Faktor eksternal dan faktor internal. Kedua faktor ini akan kita bahas satu-satu. Dan pemicu si dia berselingkuh dari faktor eksternal adalah:

  • Timbulnya hubungan yang lebih dekat atau perasaan lain dengan lawan jenis di tempat kerja. Biasanya hal ini diawali dari kebersamaan keduanya di tempat kerja atau ditempat-tempat lain yang diluar sepengetahuan pasangan, lalu saling curhat, jalan bersama hingga berlanjut ke skinship.
  • Terkadang pria membutuhkan pengakuan dari teman-temannya. Lingkungan pergaulan si dia juga bisa menjadi faktor yang mendorong kekasih kamu melakukan hubungan perselingkuhan. Biasanya motif ini terjadi agar si dia dianggap mempunyai daya pikat di lingkungan pergaulannya.
  • Faktor penyebab pria berselingkuh yang lainnya adalah kurangnya rasa dihargai. KaumĀ  Adam adalah adalah kaum yang mempunyai mental juara. Sehingga, jika terus menerus dirinya diacuhkan dan dianggap pecundang oleh kekasihnya sendiri, mereka bisa memilih untuk mencari wanita lain yang lebih bisa menghargainya. Pria adalah makhluk yang emosional. Hanya saja, mereka enggan memperlihatkannya kepada kamu maupun wanita lainnya.

Faktor Internal:

  • Masalah finansial atau krisis keuangan
  • Konflik yang terjadi akibat adanya perbedaan latar belakang pendidikan, kultur, hingga perkembangan kepribadian.
  • Cara berkomunikasi yang kurang efektif.
  • Persaingan kerja dan penghasilan.
  • Kurangnya rasa puas dalam hubungan intim dengan pasangan.

Nah, sobat Gemintang, sudah tau kan faktor-faktor apa saja yang membuat pria bisa berselingkuh? Tapi jangan khawatir, Gemintang juga akan memberikan tips untuk kamu bagaimana cara mengatasi pasangan yang berselingkuh.

  • Maafkan

Memang tidak mudah memaafkan pasangan yang ketahuan berselingkuh di depan kamu. Apalgi jika perselingkuhannya kali ini bukan untuk yang pertama kali. But, kamu tak perlu terus menerus sedih hanya karena masalah ini. Kamu bisa memaafkan dia dan buat janji dengannya bahwa ia tak akan pernah berselingkuh lagi. Selain itu, keduanya juga harus saling introspeksi diri.

  • Membalasnya dengan berselingkuh juga

Membalas sikap dia yang sudah jelas mengkhianati kamu dengan melakukan perselingkuhan juga bukanlah ide yang bagus. Perbuatan balas dendam seperti ini hanya makin menyadarkan kamu bahwa perbuatan itu sia-sia.

  • Bicara dari hati ke hati

Rasanya sulit jika harus mengetahui dan menanyakan langsung maksud si dia menduakanmu. Tapi tenang, bicarakanlah hal ini dengan baik dan dari hati ke hati. Biasanya pria tidak mudah mengatakan apa yang ia rasakan. Dan seandainya ia sudah mengungkapkan semuanya dan meminta maaf, hargai penyesalan dia.

  • Hidupkan kembali suasana romantis

Canggung memang untuk bisa kembali romantis dan mesra seperti dulu pasca perselingkuhan terjadi. Tapi jangan biarkan hal tersebut berlama-lama terjadi. Hidupkan kembali hubungan romantis dan mesra kamu dengan pasangan. Bisa dengan makan malam romantis berdua atau memberikan pelukan hangat kepadanya.

  • PHK (Putus Hubungan Kasih)

Seandainya sikap dia yang satu ini tak dapat lagi di tolerir, kamu bisa memutuskan hubungan dengannya. Dan kembali menata hati untuk move on. Tapi jika dirasa hal itu tidak mudah dan kamu masih mencintai si dia, ada baiknya kamu harus lebih berhati-hati dalam menjalani hubungan.

(mir/rut)

Related Posts