Tips Meyakinkan Orangtua Saat Akan Melangkah ke Pelaminan

Gemintang.com – Restu orangtua merupakan satu hal penting yang mesti dikantongi saat dirimu merasa siap untuk melangkah ke sebuah hubungan yang lebih serius yaitu pelaminan. Meskipun mereka paham betul anak-anaknya sudah tumbuh dewasa dan yakin akan pilihannya, tapi tetap saja, ada beberapa pertimbangan yang membuat para orangtua masih ragu.

Karena itu, mengapa tidak kamu coba hal-hal di bawah ini untuk meyakinkan beliau saat kamu hendak melangkah ke pelaminan? Siapa tahu, keraguan orangtua akan pilihan tersebut bisa luluh, Sobat.

Bersikap mandiri dan dewasa

Salah satu cara agar orangtua yakin dan bisa melepas kamu bersama calon pendampingmu adalah dengan menunjukkan sikap yang mandiri dan dewasa. Artinya, dirimu sudah mampu bertanggungjawab atas kebutuhan dan segala hal yang kaitannya dengan dirimu sendiri.

Perkara keuangan, pendidikan, pekerjaan, hingga urusan mengendalikan perasaan dan emosi pun sudah harus kamu kuasai. Kamu tidak lagi menunjukkan sikap yang emosional dan impulsif dalam segala hal. Dengan begitu, orangtua akan lebih mantap dan yakin mengijinkan anaknya untuk menikah.

Melibatkan pasangan dalam keluarga

Cara ini dilakukan agar pasanganmu bisa lebih dekat dan akrab dengan keluargamu. Tidak bisa dipungkiri, pernikahan jelas bukan soal kamu dan dia yang saling mencintai. Namun, keluarga inti dan keluarga besarmu pun harus dilibatkan dalam hubungan jika kalian ingin melangkah ke jenjang yang lebih serius. Jadi, tidak ada salahnya apabila kamu mengajak pasangan untuk ikut terlibat dalam acara-acara keluarga.

Berusaha mengenal keluarga pasangan

Kebalikan dari poin sebelumnya, tidak hanya pasangan yang harus mengenal keluargamu karena kamu pun wajib melakukan hal yang sama. Jangan enggan jika diajak pasangan untuk berkunjung ke rumahnya, bertemu dengan kedua orang tuanya, bahkan mengenal keluarga besarnya. Semakin sering kamu bertemu dan punya hubungan dekat dengan mereka, maka semakin lancar pula keinginan kalian untuk segera melangkah ke pelaminan.

Sampaikan bahwa teman sebayamu sudah banyak yang menikah

Ciptakan suasana yang dekat dan akrab dengan orangtua. Jangan enggan untuk berbagi cerita, khususnya tentang hal-hal yang kaitannya dengan perkara pernikahan. Sampaikan pada orang tua bahwa teman-teman sebayamu memang sudah banyak yang menikah. Berilah contoh-contoh kondisi dan situasi yang gamblang sehingga orangtua akan semakin tersadar bahwa kamu memang sudah layak menikah.

Katakan niatmu pada orangtua

Bagaimana pun, orang tua tidak hanya butuk sekadar “kode” atau “sinyal” dari keinginanmu. Orang tua tentu sepatutnya diberi penjelasan yang jujur dan terus terang. Jangan ragu atau bahkan ketakutan untuk menyampaikan niat baikmu agar bisa segera menikah. Selama sudah bisa mandiri dalam segala hal dan punya usia matang, tentunya orangtua tidak akan menolak niat baik yang kamu utarakan.

Terimalah saran dan nasihat dari mereka

Orangtua adalah teladan. Mereka yang sudah pernah menjalani kehidupan pernikahan tentu bisa dijadikan acuan ketika kamu ingin melangkah ke jenjang yang serius. Ketika mendengar niatmu untuk menikah, tentu orangtua akan memberikan saran dan nasihatnya. Yakinlah bahwa saran dan nasihat yang mereka sampaikan memang ditujukan bagi kebaikan dan keberhasilanmu.

Siapkan dirimu untuk mempertemukan dua keluarga

Ketika orang tua sudah memberikan lampu hijau alias mengijinkanmu untuk menikah, segeralah melakukan persiapan demi kelancaran pertemuan dua keluarga. Segera diskusikan dengan orangtuamu dan orangtua pasangan perkara kapan mereka akan bertemu dan bicara tentang pernikahan kalian. Yang pasti, kamu dan pasanganmu harus pintar-pintar bicara dan menjaga perasaan kedua belah pihak.

foto: iStockphoto

(nab/rut)

Tips Meyakinkan Orangtua Saat Akan Melangkah ke Pelaminan silky

Review

Tips Meyakinkan Orangtua Saat Akan Melangkah ke Pelaminan

Summary: Tips Meyakinkan Orangtua Saat Akan Melangkah ke Pelaminan

5

Good

User Rating: 0 (0 votes)

Related Posts