Ritual Pemakaman Unik di Indonesia

Rambu Solo, Toraja

Gemintang.com РIndonesia adalah negara yang kaya akan tradisi dan budaya. Indonesia memiliki banyak suku yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan ritual-ritual unik dalam kehidupan sehari-harinya. Salah satu yang unik adalah ritual memakamkan orang meninggal. Berikut ini adalah ritual-ritual pemakaman unik dari berbagai daerah di Indonesia. 

Rambu Solo, Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Ritual pemakaman ini berasal dari Tana Toraja bernama Rambu Solo. Ritual ini dilakukan untuk mengantarkan orang yang sudah meninggal kembali ke alam keabadian bersama para leluhur. Biaya yang dikeluarkan pun tidaklah sedikit. Bagi masyarakat Tana Toraja, upacara ini dinamakan upacara penyempurna kematian.

Saur Matua, Sumatera Utara

Saur Matua ini tidak bisa dilakukan oleh sembarangg orang. Upacara ini hanya dilakukan oleh anak dari orang yang telah meninggal yang sudah menikah dan memiliki keturunan. Saur Matua ini khusus hanya untuk orang meninggal yang sudah sangat tua. Uniknya, upacara ini justru melambangkan sukacita dan bukan suasana duka.

Ngaben, Bali

Upacara Ngaben ini sudah sangat terkenal di masyarakt Indonesia pada umumnya. Ngaben yang berasal dari Bali ialah suatu upacara pemakanan yang menggunakan cara membakar jasad di dalam sebuah patung, bisanya adalah patung berbentuk lembu. Ngaben digadang-gadang sebagai upacara pemakaman paling megah di dunia.

Brobosan, Jawa Timur

Brobosan ialah ucapaca pemakaman unik yang berasal dari Pulau Jawa, mengharuskan seluruh keluarga berjalan berurutan melintasi peti mati yang ada di atas mereka. Upacara ini bermaksud untuk memberi penghormatan terakhir kepada mendiang yang telah banyak berjasa.

Pemakaman Suku Minahasa, Sulawesi Utara

Suku Minahasa memiliki cara yang unik dalam membuat pemakaman. Suku Minahasa memposisikan orang yang telah meninggal dengan duduk sambal memeluk kaki mereka. Posisi ini melambang keadaan suci dan membawa kebaikan. Posisi mayat harus menghadap ke utara, dipercaya karena nenek moyang orang Minahasa berasal dari utara.

Muminifikasi, Suku Asmat

Mendengar kata mumi mengingatkan kita kepada cara pemakaman orang-orang Mesir. Tetapi, siapa sangka di Indonesia juga memliki upacara pemakanan dengan cara mumi, atau mengawetkan jasad orang yang telah meninggal. Tidak sembarang orang yang di mumikan oleh Suku Asmat, biasanya adalah ketua suku atau komandan perang.

foto: torajaparadise.com

(nab/rut)

Favorit
Ritual Pemakaman Unik di Indonesia silky

Review

Ritual Pemakaman Unik di Indonesia

Summary: Ritual Pemakaman Unik di Indonesia

5

Good

User Rating: 0 (0 votes)

Related Posts

Klik suka sekarang