Apa Bahasa Kasihmu?

Bahasa-Kasih

Gemintang.com – Pernahkah kamu disalahpahami? Pernahkah pernyataan kasih yang kamu berikan pada seseorang disalahartikan? Baik dalam hubungan pertemanan, persahabatan, percintaan, ada kalanya kesalahpahaman terjadi. Padahal hal ini bisa dihindari, asalkan kamu mengerti apa yang menjadi bahasa kasihmu dan bahasa kasih orang yang kamu sayangi.

Pada dasarnya ada 5 bahasa kasih. Bahasa kasih ini pasti dimiliki oleh semua orang karena setiap orang punya keinginan untuk dicintai dan mencintai. Bahasa kasih adalah cara yang kita gunakan untuk menyampaikan perasaan sayang kita pada orang lain. Bahasa kasih juga bisa merupakan apa yang kita harapkan dari orang lain. Langsung kita bahas saja, yuk satu per satu!

1. Waktu yang berkualitas

Ini sangat dibutuhkan dalam membina hubungan, baik persahabatan, pacaran, bahkan keluarga. Waktu yang ada digunakan untuk mengenal sahabat, pasangan, atau keluarga kita dengan lebih dalam. Cobalah untuk mendengarkan apa yang menjadi kesukaan, kegelisahan, impian, dan hal-hal yang menyangkut orang yang kita sayangi.

Bisa dimulai dengan menanyakan bagaimana hari yang ia lalui atau seperti apa orang-orang yang ia temui. Dengan demikian, dia bisa melihat perhatian kita padanya. Waktu yang berkualitas juga bisa diisi dengan melakukan aktivitas bersama. Bagi sebagian orang, duduk bersama dalam keheningan pun bisa menjadi waktu yang berkualitas. Yang penting, luangkan waktu untuk orang yang kita sayangi.

2. Pujian

Setiap orang pasti senang dihargai. Maka dari itu, tunjukkan penghargaan kita dengan mengungkapkan kalimat-kalimat pujian. Kita bisa memuji penampilan atau karakteristik yang baik yang dimiliki orang lain. Tentunya hal ini disampaikan harus dengan tulus dan pada waktu yang tepat.

Selain itu, perkataan seperti “terima kasih”, “tolong”, dan “maaf” juga perlu, loh! Ingat, jangan memuji secara berlebihan karena akan terkesan dibuat-buat. Tapi, kita juga harus berhati-hati karena tidak semua orang senang dipuji. Ada yang cenderung merasa tersinggung apabila dipuji. Jadi, kenali orang lain dengan baik.

3. Sentuhan

Sentuhan atau dengan kata lainnya yaitu skinship. Ada orang yang sangat senang bergandengan, memeluk, atau mencium orang yang ia sayangi. Pokoknya kalau belum ada sentuhan, ia merasa belum menunjukkan rasa sayangnya. Sebaliknya, ada juga orang yang tidak suka disentuh. Mereka merasa risih bila digandeng atau dipeluk. Ini hal paling sederhana yang menimbulkan percekcokan dalam pacaran.

Dalam budaya Indonesia, hal ini merupakan perkara yang cukup sensitif. Apalagi dalam hubungan antar pria dan wanita. Nah, bila kamu merasa bahasa kasihmu adalah sentuhan, kamu perlu hati-hati dalam menunjukkan bahasa kasihmu, terutama bila di tempat umum. Dalam keluarga atau persahabatan, hal yang sederhana dalam bahasa kasih berupa sentuhan bisa jadi usapan dikepala serta tepukan di bahu atau punggung.

4. Tindakan

Nah, kalau bahasa kasihmu tindakan, kamu pasti orang yang helpful (suka menolong). Biasanya orang-orang yang bahasa kasihnya tindakan akan berusaha memenuhi kebutuhan orang yang mereka sayang. Jika kamu sangat mengasihi temanmu, tindakan yang bisa kamu lakukan untuk dia bisa berupa membantu mengerjakan tugas, menemaninya saat ia sedih atau senang, tidak ragu menemani bila teman minta diantar, dan sebagainya.

Jika dalam hubungan pacaran, kamu bisa melakukan apa yang diminta sang pacar. Kalau dalam pernikahan, menyiapkan sarapan, membereskan barang-barang pasangan, dsb.

5. Hadiah

Bahasa kasih yang kelima ini adalah memberi dan menerima hadiah. Ada orang yang menyatakan sayang dengan membelikan bunga, makanan, boneka, rumah, dll. Nah, mereka akan merasa tertolak bila hadiah mereka tidak diterima atau tidak dirawat dengan baik.

Jadi, jika teman atau pasangan kamu memiliki bahasa kasih ini, kamu harus menjaga hadiah-hadiah yang ia berikan dengan baik. Tapi, orang-orang yang memiliki bahasa kasih ini juga sering disalahpahami. Makanya, ketika memberi hadiah untuk orang lain, pastikan orang itu mengerti apa maksud hadiah yang kamu berikan.

Bagaimana? Sudah mengetahui apa bahasa kasihmu? Kenali juga bahasa kasih orang yang kamu sayangi, supaya kamu tidak menyinggung perasaan mereka. Tunjukkan rasa sayangmu.

foto: life-club.org

(ldy/rut)

Related Posts