Arti Kesetiaan

Old-Couple

Gemintang.com – Sobat Gemintang pasti pernah mendengar kata “setia sampai mati”, bukan? Mungkinkah hal ini benar-benar ada dan terjadi di dunia? Jawabannya adalah iya. Kisah mengenai pasangan yang setia hingga akhir khayatnya memang benar-benar ada, loh.

Ini bukan sekedar rekaan atau fiksi seperti kisah Romeo & Juliet karangan pujangga besar, Shakespeare. Namun cerita berikut ini merupakan kisah nyata! Pasangan penuh cinta ini adalah Gordon Yeager (94 tahun) dan Norma Yeager (90 tahun). Mereka sudah menempuh bahtera rumah tangga selama 72 tahun sebelum akhirnya Sang Khalik memanggil mereka ‘pulang’.

Kisah kasih Gordon dan Norma dimulai ketika mereka masih SMA. Gordon yang kala itu merupakan seorang mahasiswa tidak ragu meminang Norma yang masih SMA. Tepat 12 jam setelah kelulusan Norma dari SMA, mereka pun menikah pada 26 Mei 1939 jam 10 malam. Semenjak itu kehidupan rumah tangga mereka dimulai.

Pasangan ini diakui oleh orang-orang sekitar sebagai pasangan yang tak terpisahkan dan hal tersebut terbukti kebenarannya. Mereka berjalan-jalan bersama, mengikuti klub bridge bersama, bahkan bekerja bersama di dealer Chevloret. Pasangan ini pun dianugerahi 4 anak , 14 cucu, 29 cicit, dan 1 buyut.

Saat itu, Rabu malam, Gordon dan Norma hendak berkendara menuju Iowa, Amerika Serikat. Sayangnya, mereka tidak pernah mencapai tempat tujuan karena di tengah perjalanan mobil yang mereka tumpangi menabrak mobil lain. Keduanya pun segera dibawa ke ruang gawat darurat di sebuah rumah sakit terdekat.

Mereka mengalami beberapa patah tulang dan luka-luka. Saat itu mereka ditempatkan di ruang terpisah, keduanya saling menanyakan dan mengkhawatirkan keadaan pasangannya. Hal ini membuat keadaan mereka memburuk.

Akhirnya, sang dokter memutuskan untuk menempatkan mereka dalam ruang ICU yang sama. Dalam keadaan setengah sadar, mereka sempat bergandengan tangan karena kasur mereka memang bersebelahan.

Esoknya, tepat pukul 15:38, Gordon menghembuskan nafasnya yang terakhir. Namun keluarga terkejut melihat monitor jantung Gordon masih berdetak. Ternyata itu adalah detakan jantung Norma yang terdeteksi lewat pegangan tangan mereka.

Tepat satu jam kemudian, pukul 16:38, Norma pun menyusul sang suami. Jenazah mereka dikremasi dalam keadaan masih bergandengan. Keluarga Yeager berpendapat Gordon dan Norma memang tak terpisahkan.

Di era dimana nilai sakral pernikahan sudah sedikit memudar dan perceraian terjadi dimana-mana, kisah kasih Gordon dan Norma menjadi satu penyegar. Lewat kisah ini kita belajar apa arti kesetiaan terhadap pasangan, dimana rentang waktu tidak memudarkan atau melemahkan hubungan.

Komitmen yang disertai dengan kasih yang tulus menjadi resep kesetiaan yang tak lekang oleh waktu.

(ldy/rut)

Related Posts