Hal-hal yang Perlu Diingat Ketika Melihat Sang Mantan

Gemintang.com – Pernah merasakan suasana super canggung dan tidak nyaman ketika bertemu dengan mantan? Biasanya hal ini kamu alami bila proses perpisahan hubungan kalian berjalan tidak mulus atau bahkan terjadi secara sepihak. Akibatnya, kalian sama-sama bingung, tidak tahu harus berbuat apa dan tidak yakin dengan bagaimana reaksi satu sama lain. Jika kamu tidak mau hal seperti ini terjadi dan tetap ingin bersikap seperti biasa, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu ingat serta lakukan.

1. Siapkan hati dan pikiran

Bila perpisahan itu baru kamu alami dan kamu merasa sedikit kurang “aman”, itu berarti kamu harus mulai menetapkan hati dan mencoba bersiap jika di suatu waktu kamu dipertemukan kembali dengan mantanmu. Melupakan bukan hal yang mudah, namun kamu bisa mengambil komitmen pribadi untuk menyimpan setiap kenanganmu dengan sang mantan, entah itu baik atau buruk, di sebuah ruang masa lalu di pikiranmu.

2. Jangan penuh kepahitan

Seringkali mereka yang patah hati terus membawa luka-luka yang menganga. Segeralah sadari luka hatimu dan cobalah untuk mencari kesembuhan. Ingat, hidup terlalu singkat jika dihabiskan hanya untuk mendendam atau membenci mantanmu. Hidup kamu harus terus berjalan! Pastikan kamu dapat menghadapi mantanmu dengan sebuah senyuman.

3. Bersikaplah percaya diri

Bila kamu merasa ada sesuatu yang salah dengan dirimu yang menyebabkan putusnya hubungan kamu dengan sang mantan, kamu harus berhenti berpikir demikian. Busungkan dadamu dan tatap mata mantanmu dengan berani ketika kamu berbicara dengannya. Biarkan ia melihat bahwa sekarang kamu melanjutkan hidup dengan sangat baik.

4. Basa-basi secukupnya

Tanyakan bagaimana kabar mantan kamu, hanya untuk basa-basi. Pastikan dirimu sering tersenyum dan berusaha untuk memikirkan hal-hal yang positif. Tidak perlu bertanya terlalu detail, seperlunya saja. Ketika kamu menjelaskan pun jangan terlalu detail karena akan membuat suasana semakin canggung.

5. Jangan ungkit masa lalu

Bila ada hal-hal yang kamu anggap belum selesai dengan mantanmu, jangan mengungkitnya di kesempatan pertama. Kamu harus pandai mengenali bahasa tubuh si dia, apakah ia merasa nyaman membicarakan hubungan yang sudah berlalu atau tidak. Sebaiknya, fokuskan saja pikiranmu tentang bagaimana hubungan kalian selanjutnya. Apakah kamu dan mantanmu sepakat untuk tetap berteman atau benar-benar putus hubungan?

6. Jangan berlama-lama

Jika bertemu dan berbicara dengan mantanmu membuat kamu merasa canggung dan tidak nyaman, sebaiknya jangan berlama-lama berhadapan dengan si dia. Tidak ada salahnya untuk segera pamit dengan menyertakan alasan yang logis.

foto: molto.co.id

(ldy/rut)

Related Posts