Kecemasan yang Sering di Rasakan Wanita

Photo by askamum.co.uk

Gemintang.com – Psikologi wanita bukan hanya dilihat dari kemampuan apa yang bisa dia lakukan dan bagaimana caranya menyikapi sesuatu hal. Wanita adalah individu yang berjalan menurut hati dan perasaannya. Namun kepekaan itu akhirnya membuat wanita justru seringkali mengalami kecemasan yang berujung kepada psikis kurang baik dalam hal kepercayaan. Walau tidak dihitung seberapa besar, kecemasan wanita terhadap banyak hal rupanya adalah nyata dirasakan. Namun ketahuilah, berbagai kecemasan berikut bukan tidak ada solusinya, melainkan apakah Anda bersedia atau tidak mengatasinya.

  • Keuangan

Ungkapan yang seringkali kita dengar adalah uang bukan segalanya, dan uang tidak bisa membeli kebahagiaan, bahkan cinta. Tapi inilah dunia nyata, yang segalanya memerlukan uang bahkan untuk mendapatkan cinta yang kita katakan murni dari hati, bukan dari apa yang dimiliki. Perihal kaitan antara kecemasan wanita dan keuangan, keduanya jelas berhubungan saat wanita yang berperan sebagai keuangan dalam keluarga. Bila keuangan dirasa tidak sehat dan bahkan menemui minus, itu jelas menjadi kecemasan dalam pikirannya.

  • Pekerjaan

Wanita bekerja mungkin hanya untuk mencukupi kebutuhannya, walau tidak sedikit yang juga turut andil untuk membiayai hidup keluarganya. Namun tak seperti pria yang diharuskan bekerja, wanita bisa menjadi cemas lebih dari pria saat ia tidak berpenghasilan selama kurun waktu tertentu. Wanita yang mandiri tentu tidak akan mengandalkan orang lain untuk mencukupi kebutuhannya. Maka dengan kondisi biaya hidup yang tinggi saat ini, wanita akan mengalami kecemasan bila suatu saat karirnya terhenti. Sumber pendapatan bisa saja hilang dan bagaimana mereka yang hidupnya tertanggung dari penghasilannya? Maka jelas bahwa ini adalah juga merupakan kecemasan terbesar seorang wanita.

  • Kecantikan dan kesehatan

Kita tahu bahwa dimana ada kecantikan, disitulah ada wanita yang berperan. Namun untuk bisa tampil cantik dan menarik, tidak cukup hanya dengan uang, melainkan faktor kesehatan juga diperlukan. Kita menyadari bahwa tubuh yang sehat adalah harta yang tak ternilai hargaya. Namun kesadaran selanjutnya menjadi kecemasan saat seseorang diharuskan mengeluarkan uang untuk biaya pengobatan, sedangkan plafon asuransinya terbatas dan hal tersebut tak pernah terpikirkan sebelumnya. Ancaman semacam ini adalah nyata dan wanita akan menjadi sangat cemas saat hal itu terjadi padanya.

  • Hubungan dengan pasangan

Pria juga bisa sakit hati. Namun tak kalah dengan mereka, wanita pun lebih bisa menangisi hatinya sesaat disakiti. Namun hal ini berubah menjadi kecemasan saat wanita dituntut untuk bisa menjaga dirinya, juga orang-orang disekitarnya. Secara naluriah, kecemasan yang ia miliki akan membuatnya berusaha melakukan yang terbaik bahkan saat ia tengah terluka.

(mir/rut)

Related Posts