Penyebab Pria Enggan Berkomitmen

Gemintang.com – Persoalan komitmen menjadi hal yang sering diperdebatakan dalam sebuah hubungan. Berbeda dengan wanita, pria biasanya jadi pihak yang dianggap enggan atau malas berkomitmen. Jangankan menikah, pacaran serius saja perlu pikir dua kali. Sebenarnya apa sih penyebab mereka enggan berkomitmen? Apakah pasanganmu termasuk ke dalam tipe pria seperti ini, Sobat?

Tidak bisa bebas

Selain bekerja, pria suka menghabiskan waktu luangnya dengan menjalankan hobi, bermain game, atau kumpul bersama teman-teman. Jadi jangan kaget jika si dia bisa menghabiskan waktu berjam-jam melakukan hal-hal tersebut. Banyak pria berpikir bahwa saat ia memutuskan untuk berkomitmen, kebebasannya untuk bermain, menjalankan hobi bahkan kumpul bersama teman-teman akan terenggut.

Logika vs Perasaan

Dalam pshycologytoday.com, Micheal Levine menulis sebuah artikel berjudul ‘Logic and Emotion’ yang menyatakan bahwa dalam mengambil keputusan, wanita cenderung menggunakan perasaannya sedangkan pria lebih suka memakai logika. Saat diajak menikah misalnya, pria tidak hanya memikirkan hal-hal bahagia saja. Mereka juga mempertimbangkan hal lain seperti persoalan materi, kesiapan mental hingga tanggung jawab yang nantinya mesti diemban.

Merasa belum mapan

Menjalin komitmen serius seperti halnya pernikahan juga butuh modal yang tidak sedikit. Tak hanya cinta dan kasih sayang, kemapanan dalam membangun hubungan serius acapkali membuat pria takut. Kebanyakan pria tentu ingin memberikan yang terbaik pada pasangannya; rumah, kendaaraan, tabungan, pekerjaan tetap, usaha sampingan. Banyak hal yang ingin mereka persiapkan. Saat belum bisa memenuhi semuanya, mereka akan berpikir bahwa lebih baik hidup sendiri dulu.

Takut dikecewakan

Ternyata bukan cuma wanita yang takut dikecewakan, pria juga. Trauma percintaan di masa lalu seperti diselingkuhi atau dikhianati sering menjadi alasan mengapa pria masih enggan menjalin hubungan serius dengan lawan jenisnya. Selain itu, pria butuh waktu untuk memupuk rasa percaya pada pasangannya sebelum melangkah ke hubungan yang lebih serius.

Tidak suka dipaksa

Sebenarnya para pria paham akan kekhawatiran kaum wanita tentang umur dan pernikahan. Tapi semakin dipaksa, pria akan semakin menolak untuk berkomitmen. Menurut mereka, sikap memaksa berarti melanggar hak-hak dan kebebasannya. Jadi jangan heran ya, Sobat jika si dia selalu mengganti topik obrolan saat kamu mulai bicara soal komitmen.

Sulit berkompromi

Salah satu yang dibutuhkan dalam sebuah ikatan pernikahan adalah kemauan untuk berkompromi dengan pasangan. Saat berbeda pendapat misalnya, pasangan haruslah sama-sama bisa mengontrol emosi dan menghadapi masalah dengan sikap yang dewasa. Jika sama-sama ngotot atau tidak mau mengalah, pertengkaran pun akan lebih sering terjadi. Pria sering memikirkan aspek ini.

foto: onlineathens.com

(nab/rut)

Penyebab Pria Enggan Berkomitmen silky

Review

Penyebab Pria Enggan Berkomitmen

Summary: Penyebab Pria Enggan Berkomitmen

5

Good

User Rating: 0.2 (1 votes)

Related Posts