Suka dan Duka Hubungan Jarak Jauh

Gemintang.com – Setiap hubungan memiliki keunikan tersendiri apalagi yang namanya hubungan jarak jauh. Beberapa orang berpendapat kalau hubungan ini baik adanya. Tapi ada juga orang yang mengatakan kalau hubungan ini tidak sehat. Pro dan kontra akan jenis hubungan yang satu ini memang sudah tidak aneh. Oleh karena itu kita akan bahas apa saja yang membuat orang-orang memiliki pandangan seperti itu.

Kita mulai dengan yang pro dengan hubungan jarak jauh. Menurut mereka, hubungan jarak jauh atau yang juga dikenal dengan istilah Long Distance Relationship (LDR) adalah konsekuensi suatu hubungan. Yang dimaksud dengan sebuah konsekuensi adalah seberapa jauh kita bertanggung jawab dengan kualitas hubungan kita.

Memang benar tidak harus dengan melakukan LDR kualitas sebuah hubungan dapat terlihat, tapi ini adalah salah satu cara diantara cara-cara lainnya. Ketika kita memang harus menjalani hubungan jarak jauh, kita bisa belajar banyak hal, diantaranya kepercayaan terhadap pasangan. Intensitas bertemu memang akan berkurang karena kita dan pasangan dipisahkan oleh jarak.

Justru karena itu diperlukan rasa percaya yang ekstra sehingga ketika kita tidak terlalu intens bertemu bukan menjadi suatu penghalang. Dengan kita belajar menaruh kepercayaan maka kita juga bisa melatih untuk meredam emosi. Mungkin dulu kita sebentar-sebentar bisa meluapkan kekesalan kita tapi karena terpisah kita belajar untuk mengendalikan emosi.

Kita juga bisa jadi lebih mandiri. Sebelum menjalani LDR kita selalu tergantung karena selalu ada dia saat kita butuh tapi karena dipisahkan oleh jarak dan tentunya tidak memungkinkan untuk selalu seperti itu maka kita akan belajar untuk lebih mandiri.

Namun bagi sebagian orang jenis hubungan seperti ini bukanlah suatu pilihan karena banyak hambatan yang bisa terjadi karenanya. Hambatan pertama adalah berat diongkos. Memang tidak bisa dipungkiri akibat dari hubungan jarak jauh adalah pengeluaran materi. Kita harus menyisihkan sebagian uang tabungan atau gaji kita agar bisa bertemu.

Hambatan berikutnya adalah kesulitan untuk bertemu. Karena jarak yang jauh mau tidak mau kita tidak bisa sesuka hati menemui si dia. Dulu kita bisa dengan mudahnya pergi atau jalan dengan dia tapi kali ini semuanya seperti mustahil. Hambatan lainnya adalah komunikasi yang terganggu.

Ketika kita harus memikirkan bagaimana menyelesaikan kedua masalah sebelumnya, fokus kita pun terabaikan. Akibatnya kita jarang untuk berkomunikasi satu sama lain. Kita khawatir bagaimana kalau sampai uang yang kita miliki tidak cukup dan jadinya kita jarang menghubungi atau bahkan menemui dia.

Memang tidak mudah menjalani sebuah hubungan. Terkadang ketika kita jarak bukan masalah saja kita pasti menemui hambatan. Apalagi ketika mau tidak mau harus menjalani hubungan jarak jauh. Ada baiknya bagi kita dan pasangan untuk melihat dari sisi baik atau kurang baiknya hubungan jarak jauh.

Ketika sudah tahu apa yang menjadi hambatannya diskusikan bersama dan apabila sudah mengetahui juga dampak baiknya cobalah untuk mempertahankannya. Kenapa harus seperti itu? Karena yang namanya hubungan adalah dua orang yang sedang dan akan selalu belajar bagaimana seharusnya hubungan yang baik bukan hanya satu orang saja yang berjuang untuk hubungan tersebut apapun kendalanya.

foto: gurl.com

(ldy/sil)

Related Posts