Tips Bertengkar yang Sehat dengan Pasangan

Gemintang.com –  Tak bisa dipungkiri kalau perbedaan pendapat atau pertengkaran pasti terjadi dalam setiap jenis hubungan, termasuk pernikahan. Menjadi marah karena satu hal memang tidak dapat dihindari, tapi bagaimana kamu marah sebetulnya bisa kamu tentukan.

Bertengkar adalah hal yang wajar, jangan jadikan hubungan yang telah kamu bangun bisa hancur begitu saja hanya karena persoalan sepele. Untuk itu, coba perhatikan trik-trik bertengkar sehat dengan pasangan berikut ini.

Berargumen namun tetap percaya

Menganggap pasangan sebagai lawan ketika bertengkar hanya akan memperkeruh dan memperburuk pertengkaran. Walaupun kamu sedang bertengkar, tetaplah memandang bahwa pasanganmu memiliki pendapat yang menurutnya terbaik karena ia menyayangimu. Memang tidak mudah, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba, kan?

Waktunya harus tepat

Mencari waktu yang tepat untuk menyatakan pendapat atau mengungkit permasalahan tidak boleh sembarangan. Carilah waktu yang memang kosong sehingga permasalahan yang diperdebatkan bisa benar-benar dibicarakan dengan leluasa. Jangan mengungkit masalah ketika pasangan akan berangkat bekerja. Hal tersebut akan mengganggu konsentrasi pasanganmu selama bekerja.

Pastikan, baik kamu dan pasanganmu berkomitmen untuk membicarakan dan menyelesaikan hal tersebut. Jangan sampai ketika pertengkaran terjadi, salah satu pasangan meninggalkan pembicaraan karena emosi.

Jangan bertengkar di kamar tidur

Kamar tidur seharusnya merupakan tempat beristirahat dan relaksasi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu dan pasangan tidak bertengkar di kamar tidur. Carilah tempat tenang di rumah, tanpa gangguan tv dan sebagainya, sebagai tempat untuk berbicara. Usahakan untuk tidak membawa energi negatif ke kamar tidur.

Jika marah, jangan keluar topik

Kadang ketika dirimu dan si dia bertengkar, topik akan beralih dan melebar ke mana-mana. Ini hal yang lumrah karena kinerja otak kita yang secara reflek akan mengingatkan kita akan peristiwa-peristiwa yang membangkitkan emosi serupa yang pernah kita alami. Tapi, hal ini harus kamu hindari. Jika hal ini terjadi, kembalikan topik ke masalah utama yang akan dibahas supaya perdebatan tidak meluas.

Kenali bagaiamana pasangan Anda marah

Sebagai pasangan, tentunya kamu mengetahui bagaimana pasanganmu marah. Ada yang marah dengan menggebu-gebu, ada yang banyak diam karena merenung, ada juga yang langsung meninggalkan ruangan.

Untuk memastikan masalah bisa benar-benar dibicarakan dan diselesaikan, tidak ada salahnya kamu menyesuaikan diri dengan pasangan. Apabila kamu cenderung tidak dapat menahan mulut, kamu bisa menuangkan pendapat kita dalam bentuk tulisan dan sebagainya.

foto: idiva.com

(ldy/rut)

Related Posts