9 Fakta Tentang Olahraga Bersepeda

Gemintang.com – Bersepeda adalah salah satu olahraga ringan yang cukup terjangkau untuk dilakukan oleh siapa saja. Ada banyak anggapan mengenai olahraga yang satu ini. Sebagian menganggap bersepeda merupakan olahraga menyenangkan di akhir pekan dan ada juga yang memandang bersepeda sebagai aktivitas untuk mengisi waktu luang. Bahkan ada sebagian pekerja yang menjadikan sepeda sebagai alat transportasi hemat dan sehat.

Tapi, tahukah Sobat fakta-fakta unik yang berhubungan dengan olahraga bersepeda?

1. Desain sepeda yang berbeda bagi pria dan wanita dikarenakan adanya pertimbangan akan para wanita yang senang memakai rok ketika bersepeda. Makanya desain sepeda untuk wanita tidak horizontal namun sedikit melengkung atau miring.

2. Dengan bersepeda minimal 20 mil seminggu akan mengurangi resiko sakit jantung sebesar 50% (British Heart Foundation).

3. Beberapa penemu atau orang sukses dunia mengawali karier dengan membuat sepeda, seperti Henry Ford dan Wright bersaudara.

4. Kecepatan tertinggi seseorang ketika bersepeda diraih oleh John Howard, peseped asal Amerika dengan kecepatan 152,2 mil/jam.

5. Jumlah pengguna sepeda lebih banyak dua kali lipat dari jumlah pengguna sepeda motor di dunia.

6. Sepeda sambung terpanjang yang pernah dibuat sepanjang 67 kaki dengan 35 kursi.

7. Fred A. Birchmore berhasil mengelilingi dunia dengan bersepeda. Ia menempuh jarak total 40.000 mil, dimana 25.000 mil ditempuh bersepeda dan sisanya dengan naik kapal. Sepanjang perjalanannya Fred menghabiskan 7 set ban.

8. Bila kamu bersepeda kamu menggunakan jumlah tenaga yang sama dengan ketika kamu berjalan. Hanya saja kamu menempuhnya tiga kali lebih cepat.

9. Sepeda termahal yang pernah ada merupakan desain seniman Damien Hurst yang dilelang seharga 500.000 dolar Amerika.

 foto: roadrespect.org

(ldy/rut)

Related Posts