Awal Perjalanan Karier Rihanna

Gemintang.com – Sekarang siapa yang tidak tahu Rihanna dengan lagu-lagu hits dan berbagai penghargaan yang berhasil diraihnya. Robyn Rihanna Fenty atau yang lebih dikenal dengan nama Rihanna lahir di Saint Michael pada 20 Februari 1988.

Ibunya adalah seorang pensiunan akuntan bernama Monica Braithwaite dan seorang ayah, Ronald Fenty, seorang pengawas gudang pabrik kain. Rihanna adalah anak pertama dari tiga bersaudara yang besar dengan musik reggae sejak usianya tujuh tahun. 

Akibat dibesarkan dengan keadaan ayahnya yang gemar minum-minum dan konsumsi kokai atau ganja, bisa dibayangkan bagaimana Rihanna kecil harus bertahan hidup. Rihanna pernah mengalami sakit kepala yang teramat sangat sampai dokter memvonisnya mengidap tumor otak saat usianya delapan tahun. Tidak hanya itu, Rihanna juga harus menghadapi perceraian orang tuanya ketika usianya beranjak 14 tahun.

Meskipun begitu, Rihanna tetap memperhatikan pendidikannya. Bahkan di sekolahnya dia membentuk sebuah grup musik bersama kedua orang teman sekelasnya. Desember 2013, Rihanna dan kedua temannya pun bertemu dengan seorang produser musik Amerika, Evan Rogers.

Hasil Manis dari Seluruh Perjuangan

Ketiganya mengikuti audisi yang dilakukan oleh Rogers dan hanya Rihanna yang berhasil membuat sang produser terkesan. Rogers pun mengajak Rihana untuk merekam empat lagu demo yang dipilihnya. Ternyata dalam proses rekamannya dibutuhkan waktu sampai satu tahun karena hanya bisa rekaman saat musim panas dan liburan Natal di sekolahnya.

Perjuangan Rihanna pun membuahkan hasil ketika pada tahun 2005 Rogers menawarkan keempat lagu demo ke beraneka perusahaan rekaman. Label pertama yang memberi respon dengan penawaran berupa audisi adalah Def Jam Recordings.

Pemilik perusahaan rekaman ini ternyata adalah Jay-Z. Rihanna pun langsung mendatangani kontrak di hari audisinya dan memutuskan untuk tinggal bersama Rogers serta istrinya di Amerika.

foto: rihannanow.com

(lyd/rut)

Related Posts