Film-film Biografi Pembangkit Semangat di Hari Kemerdekaan

Guru-Bangsa-Tjokroaminoto-Film

Gemintang.com – Masih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, semangat perjuangan tentu terus menggelora. Setidaknya, sebagai generasi muda kita bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan dan turut serta membangun bangsa. Nah, agar semangat perjuanganmu semakin kentara, tonton dulu film-film biopic tokoh-tokoh berpengaruh di Indonesia berikut ini.

1. Soegija (2012)

Soegija-Film

Monsinyur A. Soegijaprinata SJ atau yang akrab disapa Soegija adalah sosok pahlawan nasional. Beliau dikenal luas lantaran tercatat sebagai uskup pertama di Indonesia. Kisah Soegija kemudian diangkat ke layar lebar oleh sutradara Garin Nugroho.

Film tersebut mengisahkan perjuangan Soegija yang berkontribusi dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Meski tak turun langsung ke medan perang, Soegija bisa ikut serta membela tanah air berbekal intelektualitas dan posisinya sebagai pemuka agama.

2. Gie (2005)

Gie-Film

Film berjudul Gie merupakan hasil adaptasi dari buku Catatan Seorang Demonstran karya Soe Hok Gie. Film yang dibintangi oleh Nicholas Saputra ini menceritakan perjuangan pascakemerdekaan. Tentang bagaimana seorang pemuda berusaha melawan rezim pemerintahan diktator yang kala dipimpin Soekarno.

Film garapan Riri Riza ini mengisahkan sosok pemuda keturunan Tionghoa yang vokal dan idealis. Meski pergerakan mahasiswa ketika itu bisa menghentikan pemerintahan Soekarno, kondisi justru semakin buruk ketika penggantinya berkuasa.

3. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Guru-Bangsa-Tjokroaminoto-Film

Film yang satu ini boleh dibilang sebagai yang terbaru lantaran baru tayang di bulan April lalu. Film garapan Garin Nugroho ini dibintangi oleh Reza Rahardian yang memerankan sosok Tjokroaminoto.

Dalam film ini, dikisahkan tentang perjuangan Tjokroaminoto yang mempelopori berdirinya organisasi Sarekat Islam lantaran merasa prihatin melihat adanya kesenjangan sosial di masyarakat Indonesia saat itu.

4. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Soekarno-Indonesia-Merdeka-Film

Film ini mengisahkan tentang tokoh sentral dalam usaha memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Film Soekarno ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diperankan oleh Ario Bayu.

Secara lengkap film ini mengisahkan bagaimana Soekarno kecil tumbuh dan besar menjadi tokoh penting di Indonesia. Semangat juang dan kecerdasannya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia menjadi pengingat bagi kita para generasi muda.

5. Sang Kiai (2013)

Sang-Kiai-Film

Film Sang Kiai mengisahkan tentang perjalanan pendiri organisasi Nahdlatul Ulama, KH. Hasyim Asyari. Disutradarai oleh Rako Prijanto, film ini menceritakan tentang nilai-nilai dan prinsip-prinsip hidup yang dipegang oleh seorang pemukan agama sekaligus pemimpin organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Meski sekilas terlihat takluk dengan pemerintah Jepang, Hasyim Asyari sebenarnya adalah seorang yang cerdik dan sedang berusaha masuk ke dalam pemerintahan Jepang agar bisa mengalahkan mereka. Hasyim Asyari adalah sosok pahlawan yang visioner dan cerdas serta taat beragama.

foto: indisch3.nl/wikipedia/life.viva.co.id

(nab/rut)

Favorit
Film-film Biografi Pembangkit Semangat di Hari Kemerdekaan silky

Review

Film-film Biografi Pembangkit Semangat di Hari Kemerdekaan

Summary: Film-film Biografi Pembangkit Semangat di Hari Kemerdekaan

5

Good

User Rating: 0 (0 votes)

Related Posts

Klik suka sekarang