Kobe Bryant

Foto by Getty Images

Gemintang.com – Kobe Bryant dikenal sebagai pemain basket NBA yeng terkenal dengan kostum berwarna kuning LA Lakers, Bryant yang langsung dipilih oleh tim Charlotte Hornet pada tahun 1996 sesaat ia lulus SMA. Biasanya para agen NBA, melakukan pemilihan pemain dari tingkat kuliah namun kecemerlangan Bryant saat bermain di tingkat SMA tidak dapat dipungkiri. Namun pada saat itu Hornets menjual Bryant kepada Lakers. Diawal karirnya cukup sukses dengan mengikuti Slam dunk kontes dalam acara NBA all star. Tak jarang seorang pemain baru bisa terpilih dalam acara sebesar itu.

Bryant mempunyai tandem pasangan yaitu Shaquille O’neal. Dengan tubuh besar O’neal memlengkapi posisi tengah. Pasangan tersebut memberikan gelar kemenangan berturut-turut dari 2000 hingga 2002. Namun kelanggenan Bryant dan O’neal tidak berlangsung lama, perseteruan sengit antara mereka terjadi pada NBA final tahun 2004 dan itu merugikan tim sendiri . sehingga pelatih Phil Jackson harus menjual O’neal.

Setelah kepergian O’neal , Bryant menjadi andalan tim Lakers. Membawa kemenangan pada tahun 2005-2006 dan 2006-2007. Kesuksesan Bryant tidak berhenti disaat itu juga, Bryant mencetak sebanyak 81 point melawa Toronto Raptors. Membuatnya duduk diposisi kedua dalam sejarah dengan point paling tinggi dalam satu pertandingan NBA. Disusul dengan dinobatkan sebagai pemain MVP pada tahun 2008. Tak lama dengan tandem baru Bryant, Gasol, Odom dan pemain senior Fisher membawa Lakers sekali lagi dengan kejuaraan berturut-turut di tahun 2009 dan 2010 dan sekali lagi menaruh nama Kobe Bryant sebagai MVP

Pada pertengahan NBA berlangsung di tahun 2011, NBA memberikan denda keapda Bryant sebesar $ 100.000 atas perkataannya tentang homoseksual terhadap wasit Bennie Adams, Bryant pada saat itu memang sedang dalam frustrasi dalam permainan. Lakers pada musim tersebut tidak begitu tampail apik. NBA di haruskan menghukum siapun pemain NBA yang berkata tidak sepatutnya. Karena masalah Hak asasi dan bullying sangat keras dalam issue di Amerika. Bryant lalu angkat bicara dengan menyatakan bahwa ia terbuka untuk membahas masalah ini dengan kelompok-kelompok hak-hak gay dan akan membayar denda dan juga kemudian meminta maaf atas perkataannya tersebut. Namun kekalahan Lakers tak bisa terpungkiri, setelah dibabat habis oleh Dallas Mavericks.

Kehidupan pribadi Bryant juga ikut terekspos sejalan kesuksesan karirnya. Bryant yang bertemu dengan Vanessa di tahun 1999, saat Bryant berusia 21 tahun sedangan Vanessa berumur 17 tahun. Vanessa yang seorang penari latar menikah dengan superstar basket ditahun 2001. Sempat dikabarkan bahwa orang tua Bryant tidak menyetujui pernikahan muda dan apalagi Bryant yang seorang afrika campuran amerika tidak menikah dengan perempuan sesama ras mereka. Hubungan keras tersebut berjalan hingga dua tahun dan hingga Bryant dan Vanessa memiliki putri pertama mereka.disusul dengan putri kedua mereka di tahun 2006 setelah Vanessa mengalami keguguran di tahun 2005.namun pernikahan tersebut tidak berlangsung bahagia, karena Vanessa mengajukan perceraian ditahun 2011 dengan alasan tidak ada kecocokan. Dan kedua meminta hak asuh anak secara rata.

(Sil)

Related Posts