Pebulutangkis Asal Korea Lee Yong Dae

zimbio.com

Gemintang.com – Tidak bisa dipungkiri pebulutangkis yang satu ini menarik perhatian peminat bulutangkis terutama para gadis Indonesia. Perhatian para penonton Indonesia tertuju padanya selain karena demam Korea yang melanda tapi juga karena penampilannya yang memukau setiap performanya.

Lee Yong Dae lahir pada 11 September 1988 di Hwasun, Jeollanam. Dia mulai bermain bulutangkis sejak usia delapan tahun. Dia bergabung dengan sebuah klub yang bernama Samsung Electromechanics dan bergabung dengan timnas Korea ketika usianya menginjak lima belas tahun. Sejak itu pula berbagai kompetisi dia jalani dan tidak sedikit prestasi yang diraihnya.

Pada tahun 2003, dia berpartisipasi dalam kompetisi Yonex US Open dan bermain tunggal dan ganda putra. Sedangkan pada tahun 2004 dia bermain tunggal, ganda putra, dan ganda campuran dalam French Open. Prestasi terbaiknya yaitu berhasil masuk sampai perempat final dalam turnamen Vietnam Satellite dengan ganda campurannya. Lalu pada tahun 2005 dia bermain dalam beberapa turnamen dan berhasil sampai ke final dalam ajang Cheers Asian Satellite untuk ganda campuran dan ganda putra. Pada tahun ini juga dia berhasil memenangkan pertandingan Asian Junior Badminton Championships dengan rekannya Ha Jung Eun.

Tiap tahunnya, dia tidak pernah absen dari turnamen dan beberapa piala atau medali berhasil dikantonginya. Yang paling baru adalah kemenangannya dalam 2012 All England Open Badminton Championships di Inggris dan 2012 Indonesia Super Series Premier dalam ganda putra. Lee dan partnernya berhasil memenangkan pertandingan. Meskipun pada awal tahun 2012 Lee Yong Dae dan rekannya, Jung Jae Sung mengalami kekalahan dalam turnamen 2012 Victor Open yang diselenggarakan di Korea.

Setelah semua keberhasilan yang diraihnya terutama setelah meraih medali emas pada Olympic bisa dibilang kepopularitasannya makin bertambah. Meskipun pada awalnya sulit tapi sekarang dia mulai terbiasa. Seperti halnya sewaktu ada event yang diselenggarakan di Jakarta pada turnamen Open Super Series 2012. Lee Yong Dae menjelma menjadi salah satu tokoh wayang Indonesia bersama Taufik Hidayat. Tidak hanya itu, dia juga pernah muncul dalam acara TV di Korea yang bernama We Got Married. Dalam acara itu dia menjadi cameo dan berpasangan dengan Sulli (anggota f(x)).

 (Lydia)

Related Posts