Perenang Andalan Indonesia, Richard Sambera

Photo by foto.news.viva.co.id

Gemintang.com – Salah satu bidang olah raga yang bisa membuat Indonesia bangga salah satunya adalah cabang olah raga renang. Banyak perenang Indonesia yang membuat bangga nama bangsa dan salah satu perenang tersebut adalah Richard Sambera. Kesuksesan pria kelahiran Jakarta, 19 Desember 1971 silam ini dalam bidang olah raga renang tidak membuat dirinya lupa akan pendidikannya. Tidak tanggung-tanggung, dia meraih gelar sarjananya dari salah satu universitas yang ada di Amerika. Gelar yang diraihnya adalah Bachelor of Science untuk jurusan Political Science and Economic di Arizona State University.

Meskipun berkuliah di negeri orang, Richard tidak pernah melupakan hasratnya untuk berenang. Dia pernah mendapat penghargaan sebanyak empat kali untuk penghargaan All-American Divisi I NCAA. Dengan penghargaan yang diraihnya sewaktu menimba ilmu di Arizona membuatnya menjadi satu-satunya orang yang pernah meraih penghargaan tersebut. Tidak hanya itu, Richard juga pernah menjadi asisten pelatih tim renang putra kampusnya.

Sedangkan untuk penghargaan yang diraihnya lewat renang tidaklah diragukan lagi. Richard menjadi perenang yang berhasil berpartisipasi dalam ajang olimpiade. Bukan satu ajang olimpiade yang diikutinya melainkan tiga ajang olimpiade, Seoul 1988, Atlanta 1996, dan Sydney 2000. Perenang dengan spesialis gaya bebas 50 dan 100 meter ini berhasil memecahkan rekor di ajang Sea Games yang hingga saat ini belum berhasil dikalahkan. Selain memegang rekor yang belum terkalahkan, Richard juga berhasil menyabet medali emas. Penghargaan internasional lain yang berhasil diraihnya adalah peraih medali perak di Hongkong dan Perunggu di Beijing.

Saat ini Richard mulai menyibukkan diri dengan kegiatan yang berhubungan dengan dunia tulis menulis, dunia olahraga di televisi, dan menjadi pelatih renang. Untuk dunia tulis menulis, Richard menjadi editor-in-chief untuk majalah FHM Indonesia dan Men’s Fitness Indonesia. Dia juga menjadi penulis artikel kesehatan di salah satu website. Sedangkan di televisi, Richard pernah menjadi pembawa berita olah raga sejak tahun 2000 di Metro TV. Richard juga menyalurkan kecintaannya dengan dunia renang dengan menjadi pelatih renang bersama mantan atlit renang, Albert C. Sutanto. Mereka pun mendirikan sebuah klub renang yang diberi nama Millenium Aquatic Club.

(lyd/rut)

Related Posts