10 Jajanan Kaki Lima Khas Indonesia

Cimol

Gemintang.com – Salah satu yang jadi ciri khas dari suatu daerah adalah jajanannya. Seperti halnya kota-kota di Indonesia, masing-masing punya jajanan enak yang biasanya jadi buruan para pelancong. Tidak dijual di toko atau tempat yang mewah, jajanan khas tersebut justru dijajakan di kaki lima. Nah, jajanan kaki lima apa saja yang ada di Indonesia dan terkenal enak? Yuk, simak sama-sama! 

Gorengan

Gorengan

Meski diketahui tidak baik bagi kesehatan, gorengan ternyata tetap jadi jajanan favorit orang Indonesia. Tempe, tahu, bakwan, pisang, hingga ketela atau ubi–semua memang nikmat disantap. Saat cuaca sedang dingin, makan gorengan hangat dijamin terasa lebih nikmat.

Cilok

Cilok

Jajanan asli kota Bandung ini memang banyak peminatnya. Terbuat dari tepung kanji atau biasa disebut ‘aci’, penganan ini punya tekstur kenyal dengan isi daging di dalamnya. Cilok juga biasanya disajikan hangat dengan bumbu saus kacang.

Cakwe

Cakwe

Yang satu ini juga jadi jajanan favorit kaki lima. Cakwe dibuat dari adonan tepung terigu dengan rasa yang gurih dan sedikit manis. Cakwe biasanya disajikan dengan saus tomat atau saus khusus dengan cita rasa manis dan gurih. Cakwe ini juga mantap kalau disantap saat hangat.

Cimol

Cimol

Hampir sama dengan cilok karena menggunakan tepung kanji sebagai bahan dasarnya, jajanan yang disebut cimol ini punya tekstur kenyal. Rasanya yang gurih semakin nikmat jika dicampur bumbu cabai sebagai pelengkapnya.

Jamur crispy

Jamur Chrispy

Nah, jajanan yang satu ini memang baru populer beberapa tahun terakhir. Terbuat dari jamur tiram yang dicampur adonan tepung bumbu, kudapan ini terasa renyah dan gurih. Sama halnya dengan jajanan lain, jamur crispy juga nikmat jika disantap saat masih hangat.

Roti bakar

Roti Bakar

Nikmat disantap di malam hari ketika cuaca dingin, roti bakar lumayan jadi favorit mereka yang sering kelaparan di tengah malam. Tersedia berbagai pilihan rasa seperti coklat, stroberi, kacang, dan keju. Ditemani secangkir teh hangat, roti bakar paling nikmat disantap bersama keluarga.

Martabak

Martabak

Penganan yang satu ini biasanya banyak dijajakan di malam hari. Tersedia martabak asin dan martabak manis yang juga tersedia dalam berbagai pilihan rasa. Martabak juga cocok dijadikan buah tangan ketika pulang beraktivitas.

Batagor

Batagor

Tidak hanya terkenal di Bandung, batagor juga menjadi jajanan terkenal di pulau Jawa. Makanan yang disingkat dari kata bakso-tahu-goreng dibalut dengan kulit pangsit dan diisi dengan daging atau ikan. Jangan lupa, tambahkan saus kacang saat menyantapnya, ya!

Es Cendol

Es Cendol

Kala cuaca terik, minuman pelepas dahaga seperti cendol layak dicoba. Bukan hanya rasanya yang manis, es cendol juga sangat menyegarkan. Disajikan dengan es parut, cendol yang terbuat dari tepung beras ini juga bisa membuat perut lumayan kenyang.

Bajigur

Bajigur

Bajigur menjadi salah satu jajanan kaki lima yang sering dicari. Terbuat dari gula aren, santan, dan jahe, bajigur menjadi minuman yang pas saat kamu menyantap pisang, kacang atau ubi rebus di tengah-tengah cuaca yang dingin. Yuk segera cari!

foto: vemale/jogjarasa.com

(nab/rut)

10 Jajanan Kaki Lima Khas Indonesia silky

Review

10 Jajanan Kaki Lima Khas Indonesia

Summary: 10 Jajanan Kaki Lima Khas Indonesia

5

Good

User Rating: 0 (0 votes)

Related Posts