Jenis Kurma yang Digemari Masyarakat Dunia

Buah-kurma

Gemintang.com – Ada ratusan jenis kurma di dunia dengan berbagai ciri, rasa, dan varian harga. Namun, sepuluh jenis kurma berikut ini merupakan kurma yang paling digemari oleh masyarakat dunia. Apa saja? Simak!

1. Ajwa

Banyak umbuh di kota Madinah, kurma ajwa menjadi kurma dengan predikat tertinggi dari segi harga. Memiliki tampilan yang mirip seperti kismis, kurma ajwa berwarna hitam gelap dengan tekstur yang lembut. Konon memakan buah ini setiap pagi dapat menangkal racun dalam tubuh.

2. Amer Hajj

Amer hajj adalah jenis kurma yang terkenal di Irak. Daging buahnya tebal namun teksturnya lembut dan kulitnya tipis. Di Irak, kurma jenis ini sering dijadikan hidangan sajian untuk para tamu yang berkunjung ke rumah.

3. Deglet Noor

Deleet noor artinya cahaya. Nama tersebut diambil karena warna kulit buah kurma ini kuning keemasan seperti bercahaya. Rasanya tidak terlalu manis dan banyak ditemui di negara-negara Libya, Tunisia, Algeria, juga Amerika.

4. Khalasah

Banyak tumbuh di negara bagian timur Arab Saudi seperti Huffuf dan Qatif, khalasah menjadi kurma yang cukup banyak disukai masyarakat dunia karena rasanya tidak terlalu manis.

5. Khidri

Berwarna merah dengan tekstur yang kering dan kenyal, kurma khidri sering digunakan sebagai kurma olahan yang kerap diberi isian berupa cokelat atau almond karena rasanya yang tidak terlalu manis.

6. Mozafati

Kurma ini dijuluki sebagai kurma bam. Sebagian besar tumbuh di Provinsi Kerman, Iran. Buah ini paling pas dikonsumsi ketika masih segar. Meski begitu, kurma ini dapat bertahan selama dua tahun apabila di simpan pada tempat dengan suhu lima derajat Celsius.

7. Sekki

Kurma sekki merupakan kurma yang cukup unik sebab bagian atas dan bawahnya memiliki warna serta tekstur yang berbeda. Bagian atas kurma berwarna kekuningan dengan tekstur yang agak keras sementara bagian bawahnya berwarna kecokelatan namun empuk dan kenyal. Soal rasa, kurma ini tidak terlalu manis.

8. Sekkeri

Daging buah kurma sekkeri amat lembut dan rasa manisnya khas. Bentuknya bulat dengan warna cokelat. Sama seperti kurma ajwa, sekkeri merupakan jenis kurma termahal setelahnya.

9. Thuri

Kurma thuri adalah kurma yang popular di Aljazair. Buah kurma ini umumnya kering dan berwarna cokelat kemerahan. Saat diawetkan warnanya akan berubah jadi kebiru-biruan. Tekstur kulitnya keriput dan daging buahnya agak keras. Di Indonesia, jenis kurma ini paling banyak ditemui.

10. Zaghloul

Kurma zaghloul banyak ditemui di Mesir. Mengandung gula yang sangat tinggi, kurma jenis ini memiliki warna merah tua dengan bentuk yang lonjong. Karena rasa manisnya yang begitu pekat, seusai menyantapnya rasa manis tersebut masih melekat di lidah.

foto: organicfacts.net

(asq/rut)

Jenis Kurma yang Digemari Masyarakat Dunia silky

Review

Jenis Kurma yang Digemari Masyarakat Dunia

Summary: Jenis Kurma yang Digemari Masyarakat Dunia

5

Good

User Rating: 0 (0 votes)

Related Posts