Menjadi Traveler yang Cerdas dan Bertanggung Jawab

Traveling

Gemintang.com – Dewasa ini, traveling sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban dan juga sebuah kebutuhan yang sangat mewah. Bepergian dapat membuat pikiran lebih segar dan memberikan banyak pengalaman hidup. Tetapi, seorang traveler yang cerdas dan bertanggung jawab tidak hanya pandai menggunggah gambar-gambar liburannya di media sosial. Sesungguhnya, mereka juga memiliki tanggung jawab lingkungan dan sosial. 

Oleh karena itu, untuk mengurangi dampak negatif traveling pada lingkungan dan masyarakat sekitar, kamu perlu menerapkan hal-hal ini dan jadilah traveler yang cerdas serta bertanggung jawab!

1. Mengganti armada pesawat terbang dengan kereta api

Kereta Api

Jika tempat yang kamu tuju masih bisa dijangkau dengan armada kereta api, hindari naik pesawat. Apalagi jika destinasi yang kamu tuju sedikit namun ingin menghabiskan waktu lebih banyak di tiap tempat. Cara ini akan membuat kamu mampu merasakan denyut kehidupan yang sebenarnya. Selain membantu mengurangi jejak karbon, bepergian dengan kereta api juga lebih murah, loh!

2. Hindari penggunaan plastik

Kantong Plastik

Sebagai traveler yang cerdas dan bertanggung jawab, hindari penggunaan plastik saat traveling. Selipkan tas kain di dalam ranselmu jika kamu ingin berbelanja. Selain mengurangi sampah plastik, menggunakan tas kain saat berbelanja di kala bepergian akan membantu alam mengurangi jejak karbon dari proses produksi kantong-kantong plastik.

3. Jangan nyampah!

Sampah Liburan

Mendaki gunung, menelusuri desa-desa di pelosok, menikmati keindahan bawah laut, semuanya dapat dilakukan selama yang kamu mau. Tetapi ingat, jangan tinggalkan apapun selain gambar yang terekam dalam lensa kameramu.

4. Memberi dengan cara yang benar

Donation

Banyak traveler yang memiliki niat baik saat bepergian. Biasanya mereka membawa beberapa makanan, pakaian atau benda lain untuk diberikan kepada penduduk sekitar. Sayangnya, cara ini tidak efektif karena akan membuat penduduk lokal menjadi ketergantungan dan mengembangkan budaya mengemis.

Jika kamu hendak memberi sesuatu saat traveling, entah itu uang atau barang, salurkan bantuanmu melalui organisasi lokal yang bekerja di program amal. Tentu saja organisasi dengan reputasi yang baik, ya. Bisa juga melalui organisasi internasional yang bermitra dengan mereka.

5. Patuhi peraturan!

Imbauan Tempat Wisata

Peraturan ada untuk dipatuhi, bukan dilanggar. Jangan abaikan setiap imbauan yang kamu temui di berbagai tempat, khususnya tempat-tempat wisata. Perilaku tidak bertanggung jawab tentu akan merusak keindahan sebuah tempat wisata.

6. Dukung ekonomi lokal asli

Cenderamata

Memang betul, barang kerajinan atau cenderamata buatan lokal tidak selalu murah. Namun, tindakan membeli cenderamata lokal adalah tindakan mendukung ekonomi masyarakat setempat yang sekaligus membuka peluag kerja bagi warga sekitar.

7. Jangan membeli produk langka dan terancam punah

Produk terancam punah

Ketika bepergian kita sering menemui barang-barang yang langka atau produk satwa liar yang terancam punah namun dijual secara bebas. Jika kamu membelinya Sobat, itu sama saja kamu mendukung perburuan. Jadi, jangan pernah lakukan hal ini, ya.

foto: worldofwanderlust.com/donationtravel.com/blog.misteraladin.com/mongabay.co.id

(asq/rut)

Favorit
Menjadi Traveler yang Cerdas dan Bertanggung Jawab silky

Review

Menjadi Traveler yang Cerdas dan Bertanggung Jawab

Summary: Menjadi Traveler yang Cerdas dan Bertanggung Jawab

5

Good

User Rating: 0 (0 votes)

Related Posts

Klik suka sekarang