Bijak Menyikapi Kritik

Foto by mnn.com

Gemintang.com – Kekurangan dan kesalahan yang timbul dalam diri seseorang, bisa saja menjadi bahan kritikan yang pedas bahkan kerap kali terasa menyakitkan. Namun jika kritik yang diberikan memang beralasan, tentu hal tersebut adalah masukan bagi anda agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

Bukanlah hal yang mengenakkan, ketika perjuangan yang telah anda lakukan nyatanya berakhir dengan kritikan yang kurang menyenangkan. Seyogyanya, tak ada seorang pun yang senang menerima kritik. Kritikan muncul karena tak ada satu manusia pun yang luput dari kesalahan. Dan rupanya, tidak sedikit pula orang yang memang doyan sekali mengkritik. Padahal, mereka tahu bahwa dikritik itu tidak enak. Walau demikian, hendaknya anda tetap bijak dalam menyikapi kritikan tersebut. Berikut tipsnya untuk anda.

Terima kritikan sebagai masukan

Kritikan yang anda terima, bukan karena seseorang itu tidak suka pada anda. Melainkan, ia ingin agar anda bisa lebih baik dari sebelumnya. Kata-kata seperti inilah yang harus dicamkan saat anda sedang dikritik. Hindari pikiran negatif dan berusahalah menerima kritikan tersebut secara positif. Kritikan sama dengan masukan, yang gunanya untuk membangkitkan kinerja anda agar bisa lebih baik lagi.

Jangan balas kritik dengan kritik

Dengarkan kritikan dan pahami. Pahami bahwa mungkin kritikan itu benar. Tugas anda adalah mensikapi kritikan tersebut menjadi sebuah masukan bagi anda. Membalas kritik dengan kritik, sama dengan memancing perdebatan yang tidak perlu. Sama dengan ketika anda memadamkan api dengan api. Pada akhirnya akan sia-sia saja.

Tahan diri dari amarah

Emosi dan amarah, sepertinya tidak bisa dihindari saat anda sedang dikritik. Seseorang jelas berhak mengutarakan pendapatnya. Biarpun anda merasa dipermalukan dan diinjak harga dirinya, usahakan agar anda tidak marah. Marah berarti merasa, merasa bahwa anda memang sesuai dengan kritikan yang dikemukakan.

Mintalah keterangan yang lebih spesifik

Kritikan yang tidak berdasar kepada keterangan spesifik, sebaiknya anda hindari. Dalam hal ini, terimalah kritikan tersebut jika anda merasa bahwa itu memang benar dan ada dasarnya. Hal ini bertujuan agar anda dan pemberi kritik dalam melihat kebenaran yang sesungguhnya. Meminta keterangan berbeda dengan memberikan umpan balik. Jadi, jangan sampai hal ini justru memancing perdebatan baru.

Renungi dan perbaiki

Tanyalah kepada diri anda sendiri perihal kebenaran dari kritikan tersebut. Jika anda tidak yakin, tanyalah kepada seseorang yang benar-benar tulus mengeluarkan pendapatnya untuk anda. Ia akan membantu anda dalam menemukan kebenaran dari kritikan tersebut. Perbaikilah bagian yang memang seharusnya anda perbaiki dan lakukan yang lebih baik lagi.

Membiasakan diri dalam menerima kritik akan membuat anda menjadi lebih tenang dan positif. Ucapkan terimakasih kepada mereka yang telah memberikan kritikannya untuk anda. Karena keberhasilan seseorang teruji bukan karena pujian, melainkan karena kritikan.

(Mira)

Related Posts