Diving Spot Menantang ala Teluk Belongas

Photo by divezone-lombok.com

Gemintang.com – Indonesia memang kaya akan keindahan alam. Terutama keindahan lautnya baik yang terekspos atau yang tersembunyi dari dunia luar. Salah satu daerah di Indonesia yang banyak menawarkan keindahan tersebut adalah Lombok. Banyak spot yang indah dan romantis yang ditawarkan, tapi tidak sedikit juga yang menawarkan tantangan bagi para turis yang datang. Salah satunya adalah dengan kehadiran Teluk Belongas.

Teluk yang terletak di Barat Daya Lombok ini bukan hanya menawarkan konsep ketegangan yang hanya didapatkan dengan terjun dari ketinggian, tapi juga tantangan dari bawah laut. Banyak spot menantang bagi para turis yang ingin menyelam, yaitu The Magnet, Coral Garden, Bawahan Reef dan Wollis Pinnacle, Gili Sera, The Cathedral dan Blue Hole.

  • The Magnet adalah spot yang paling ekstrim dan dipercaya dapat memicu adrenalin. Jika ingin merasakan menyelam sambil ditemani oleh kawanan hiu terutama Hiu Martil, maka tempat ini bisa masuk daftar tunggu wisata selanjutnya. Kedalaman yang aman untuk para penyelam yang hanya sekedar ingin menikmati keindahan alam bawah laut adalah 15 meter. Sedangkan yang ingin sensasi lebih bisa mencoba sampai kedalaman 20-25 meter. Untuk spot ini, biasanya sangat dianjurkan untuk penyelam bersertifikat karena arusnya yang kuat. Sedangkan bagi para penyelam pemula sebaiknya ditemani oleh para instruktur.
  • Karang Taman atau yang lebih dikenal dengan Coral Garden ini menawarkan keindahan dari warna karang lunak berwarna kuning, orange, dan ungu, karang cambuk dan berbagai biota laut lainnya. Kedalaman yang bisa dinikmati adalah 25 meter di bawah laut.
  • Keindahan Bawahan Reef dan Wollis Pinnacle dapat dinikmati ketika mencapai kedalaman 19 meter. Spot ini memiliki sebuah batu besar di bawah laut dengan tinggi 7 meter. Frogfish hitam besar, hiu, belut pita dan beberapa spesies laut lainnya bisa juga dinikmati oleh para turis.
  • Beberapa kumpulan batu besar yang terlihat seperti potongan batu besar dari bawah laut ditawarkan oleh Gili Sera. Spot ini cocok untuk para penyelam yang ingin suasana menyelam dengan arus yang bersahabat sambil ditemani keindahan karang dan hewan-hewan laut kecil.
  • Spot berikutnya adalah The Cathedral dan Blue Hole. Spot ini adalah spot kedua menantang karena kedalaman yang bisa dinikmati sampai 40 meter. Kembali, spot ini memang dianjurkan untuk para penyelam berpengalaman. Berbeda dengan Gili Sera, hanya satu batu kecil yang bisa dilihat dari permukaan laut. Tapi hal itu tidak mengurangi keindahan jika sudah melihat keindahan biota laut yang ada.

(lyd/rut)

Related Posts