Menyikapi Hubungan Keluarga yang Tidak Harmonis

Photo by tribunnews.com

Gemintang.com – Dalam setiap hubungan, baik itu hubungan keluarga, kekasih, pertemanan hingga hubungan kerja dapat berpotensi menimbulkan konflik. Penyebabnya pun bermacam-macam, dari mulai hal yang terlihat sederhana hingga masalah yang serius. Apalagi jika halnya terlibat dalam konflik keluarga. Tinggal di satu atap yang sama dan terlibat perselisihan tentu membuat siapapun yang ada didalamnya merasa tidak nyaman. Hal ini tidak bisa kita abaikan atau berharap masalah tersebut berlalu begitu saja. Sikap yang tepat dan benar harus kita ambil dalam menyikapi permasalahan ini. Berikut tips-tips yang dapat Sobat Gemintang lakukan dalam menyikapi hubungan keluarga yang tidak harmonis.

  • Memahami karakter anggota keluarga

Manusia diciptakan dengan karakter dan sifat yang berbeda-beda, begitupun dengan sikap saat menghadapi masalah. Adalah penting bagi kita memahami setiap karakter anggota keluarga kita. Karena biasanya, karakter seseorang akan tergambar seiring bagaimana dia menyikapi suatu masalah.

  • Memandang masalah dari kacamata orang lain

Setiap orang selalu mempunyai pola pikir tertentu ketika ia diperhadapkan dalam suatu masalah. Itulah kenapa kita perlu melihat masalah dalam persepektif orang lain atau anggota keluarga kita yang lainnya. Namun hal ini bukan berarti kita setuju dengan pandangan mereka. Dengan memandang masalah dari kacamata orang lain itu berarti kita dapat memahami alasan atau latar belakang mengapa ia mempunyai pola pikir seperti tersebut.

  • Mengalah

Di dunia ini memang selalu ada seseorang yang sifatnya keras kepala. Atau mungkin kita sendiri bersikap seperti itu? Ya, mengalah merupakan salah satu sikap yang tepat saat menghadapi masalah dalam hubungan keluarga. Kakak adik yang bermusuhan, orangtua yang bertengkar dan banyak lagi masalah lainnya pada dasarnya dapat kita selesaikan dengan sikap mau mengalah. Mengalah bukan berarti kalah atau menunjukkan bahwa Anda lemah, tapi dengan mengalah itu berarti kita dapat mengatasi kemarahan kita dengan cara yang dewasa dan bijak .

  • Toleransi

Konflik yang terjadi dalam suatu keluarga sering disebabkan karena sesuatu yang kita harapkan oleh anggota keluarga yang lain tidak dapat tercapai. Bisa juga karena kita ingin diperlakukan dengan cara tertentu namun akhirnya kita kecewa karena mereka tidak dapat berperilaku seperti yang kita harapkan. Dalam hal ini, kita perlu mempunyai sikap toleransi. Toleran terhadap keterbatasan dan bagaimana mereka menghadapi masalah.

  • Tidak mengungkit masalah lama

Cara tepat lainnya dalam mengatasi masalah dalam keluarga adalah dengan membicarakannya secara baik-baik. Proses ini tentunya harus dibarengi dengan suasana dan kondisi yang tepat. Jangan pernah sekalipun mengungkit masalah lama yang sudah terkubur dalam-dalam saat Anda hendak menyelesaikan masalah dengan cara berunding baik-baik. Jangan juga mengambil keputusan saat suasana hati Anda sedang dirundung kemarahan atau kesedihan saat menghadapi masalah. Tenangkan hati dan bicarakan baik-baik. Karena setiap masalah selalu mempunyai jalan keluarnya.

(asa/rut)

Related Posts