7 Alasan Mengapa Hubungan Jarak Jauh Sulit Dipertahankan

Couple-LDR

Gemintang.com РHubungan jarak jauh atau long distance relationship memang sarat dengan tantangan. Meskipun ada banyak pasangan yang berhasil membangun hubungan jarak jauh, namun tidak sedikit juga yang gagal. Kegagalan-kegagalan yang ada seringkali dipicu beberapa faktor berikut ini. 

1. Rusaknya komunikasi

Komunikasi merupakan satu jembatan penting yang harus selalu dibangun oleh setiap pasangan, terutama pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh. Rusaknya komunikasi sudah pasti akan menyebabkan rusaknya sebuah hubungan. Karena itu jangan lelah menjalin komunikasi dengan pasangan meskipun komunikasi yang dijalin kelihatannya sepele.

2. Rasa percaya yang terkikis

Hubungan cinta jarak jauh memang selalu diuji dengan keberadaan rasa percaya. Dan inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa hubungan LDR sulit dipertahankan. Rasa percaya yang mulai terkikis otomatis membuat fondasi sebuah hubungan menjadi rapuh. Saat rasa percaya telah memudar maka yang ada hanya rasa curiga. Karena itulah peran sebuah rasa percaya sangat penting.

3. Biaya

Tidak munafik, tentu saja biaya juga menjadi alasan mengapa hubungan jarak jauh sulit dipertahankan. Saat pasangan lain dapat bertemu dengan mudah tanpa terkendala biaya, pasangan LDR justru sebaliknya. Bukan hanya itu, pasangan LDR pun memerlukan berbagai biaya-biaya tambahan seperti pulsa telepon hingga internet.

4. Komitmen

Setiap hubungan yang terjalin tentu dilandasi oleh sebuah komitmen. Namun, jika komitmen untuk membangun hubungan bersama telah memudar dan bahkan hilang karena menyerah dengan rentang jarak yang jauh atau munculnya pasangan idaman lain, tentu saja hubungan tersebut sulit dipertahankan.

5. Jenuh

Sudah pasti ini menjadi alasan paling memungkinkan mengapa pasangan LDR kesulitan mempertahankan hubungan jarak jauh. Perasaan jenuh dan lelah seringkali sulit dihindari. Selain itu kurangnya komunikasi dan intensitas bertemu juga menjadi alasan munculnya kejenuhan.

foto: sheknows.com

(ldy/rut)

Related Posts