7 Tips Mencintai Diri

Gemintang.com – Pernahkah kamu merasa jenuh dengan hidupmu? Merasakan penat yang ingin membuat kamu lari dari segala sesuatunya? Jangan khawatir karena ini bisa terjadi pada semua orang dan merupakan salah satu fase kehidupan. Ada saatnya dimana kamu perlu melepaskan diri dari segala kesibukan, melarikan diri dari segala persoalan, dan memberi diri satu waktu berkualitas untuk mengisi kembali energi yang sudah habis, menyegarkan pikiran, membangun kembali semangat serta meluruskan kembali arah hidupmu.

Untuk itu, berikut 7 tips yang bisa kamu terapkan untuk mulai mencintai hidupmu, siapa kamu, keluarga, atau pekerjaan yang kamu geluti tiap harinya.

1. Menciptakan waktu pribadi yang khusus

Sediakan waktu khusus bagi kamu untuk beristriahat dan menikmati hidup. Bagi kaum hawa, kamu bisa menyediakan waktu untuk melakukan perawatan tubuh seperti pijat, lulur, spa, manicure & pedicure. Selain merawat kecantikan, hal ini juga bisa menjadi waktu relaksasi pibadi. Lain halnya dengan kaum adam yang dapat menyediakan waktu tertentu dengan melakukan hobi atau hal-hal yang disukai.

2. Bergeraklah

Ketika kepenatan itu terasa begitu menghimpit, hal paling sederhana yang dapat kamu lakukan adalah bergerak. Keluarlah sebentar, hirup udara segar sambil berjalan-jalan ke tempat sekitar. Ketika kamu bergerak, otak akan mengencerkan cairan stress yang ada di otak. Jadi, bergeraklah!

3. Berlatih bersyukur

Apabila kamu seorang yang pesimis, mungkin bersyukur bukan hal yang mudah. Namun, hal ini dapat dipelajari. Mulailah mencari hal apa yang membuat kamu tersenyum hari ini, bisa berupa kejadian lucu, atau mungkin orang di sekitarmu. Buat satu daftar dan lakukanlah dari waktu ke waktu sehingga kamu menjadi terbiasa.

4. Beri diri hadiah untuk tiap pencapaian yang kamu raih

Tidak ada salahnya apabila kamu memberi upah bagi dirimu sendiri ketika kamu berhasil melakukan suatu pencapaian. Dengan memberi diri hadiah atau penghargaan, kamu akan menyadari bahwa apa yang kamu lakukan selalu ada dampak dan efeknya. Ini akan membuat kamu terdorong untuk melakukan hal-hal positif demi memberi dampak positif bagi diri kamu dan mereka yang di sekitarmu.

5. Hilangkan toleransi pribadi

Seringkali hal-hal kecil yang kamu toleransi membuatmu merasa gerah dengan diri sendiri. Apabila hal-hal ini dibiarkan ini akan menjadi kebiasaan dan semakin sulit dihilangkan. Akibatnya, rasa benci pada diri sendiri akan semakin meningkat. Oleh karena itu buatlah daftar dari kebiasaan-kebiasaanmu yang tidak kamu sukai, dan cobalah untuk mengubahnya satu per satu. Berilah dirimu sedikit penghargaan tiap kali kamu berhasil.

6. Ketahui siapa saja yang mendukung kamu

Ketika kamu merasa penat, tidak ada salahnya kamu berpaling sebentar dan mencari orang-orang yang mendukungmu. Mintalah bantuan mereka bila kamu merasa penat. Tidak ada salahnya bila kamu melibatkan mereka untuk membantumu mengingatkan ketika kamu mulai menyimpang dari siapa kamu seharusnya. Dengan adanya orang-orang seperti itu, kamu akan semakin mensyukuri hidupmu.

7. Kenali gremlin-mu

Gremlin adalah komentar-komentar negatif yang sering terlintas di kepalamu ketika kamu sedang terpuruk. Jika kamu menyadari gremlin-gremlinmu, kamu akan dapat menegaskan pada dirimu bahwa komentar-komentar itu salah. Cobalah untuk melihat hal-hal positif dari diri kamu sehingga ketika gremlingremlin itu menyerang, kamu dapat mematahkan mereka.

foto: e-joy.ro

(ldy/rut)

Related Posts