Alasan Pria Enggan Mengungkapkan Perasaannya

Gemintang.com – Pria dan wanita punya cara berbeda dalam menanggapi suatu masalah. Kamu mungkin terbiasa menceritakan apa yang kamu rasakan pada sahabat atau kekasihmu, tapi tidak begitu dengan pria. Mereka lebih suka diam dan menyimpan rapat-rapat emosinya. Sebenarnya, apa sih alasan dibalik sikap pria tersebut?

Tidak mau terlihat rapuh dan cengeng

Pola asuh yang diterapkan sejak kecil kepada pria dan wanita berbeda. Hal itulah yang membuat pandangan umum yang menggambarkan pria sebagai sosok kuat, tangguh, dan mandiri bisa ada. Pria dididik untuk selalu kuat agar bisa menjaga saudara-saudara perempuannya. Maka tak heran apabila pria jarang sekali mengungkapkan perasaannya karena tidak mau dianggap cengeng atau banci.

Merasa belum yakin

Pria perlu benar-benar yakin terhadap orang lain atau pasangannya sebelum ia mengungkapkan perasaannya. Mereka harus terlebih dahulu tahu alasan dan motif apa yang membuatnya harus mengungkapkan perasaan tersebut kepada kamu. Jadi jangan marah dulu ya, Sobat Gemintang jika si dia belum juga mengutarakan perasaan cinta kepada kamu. Bisa jadi si dia belum yakin, tuh.

Lebih baik bertindak daripada banyak bicara

Bahasa verbal adalah bahasa yang sering digunakan wanita untuk mengungkapkan perasaannya, sementara pria justru sebaliknya. Bagi para kaum adam, mereka lebih nyaman mengungkapkan perasaannya dengan tindakan. Pria tidak ragu untuk memeluk, mencium atau sekedar membelai kepala kamu sebagai ungkapan emosi yang dirasakannya.

Tidak ingin selalu bergantung pada orang lain

Ada satu kekhawatiran yang disimpan oleh pria dan menjadi alasan mengapa mereka enggan mengungkapkan perasaannya. Mereka tidak ingin seseorang yang menjadi “teman curhat”-nya masuk terlalu jauh sehingga bisa mempengaruhinya dalam mengambil setiap keputusan dan menjadikannya bergantung dengan orang tersebut.

Amunisi

Robert Jordan dalam bukunya berjudul Winter’s Heart menulis sebuah ungkapan yang berbunyi: Men forget, but never forgive; women forgive, but never forget. Ungkapan itu pula yang menjadi penyebab mengapa banyak pria memilih untuk tidak menujukkan emosinya kepada orang lain. Bagi pria, mungkin saja perasaan yang diungkapkannya bisa dijadikan amunisi oleh orang lain untuk menyerang dirinya di kemudian hari.

foto: askmen.com

(ysf/rut)

Related Posts