Jangan Katakan Hal Ini Pada Pasangan yang Belum Ingin Punya Anak

Gemintang.com – Beberapa waktu yang lalu Gemintang bertemu dan mengobrol banyak hal dengan sepasang suami-istri yang sudah 10 tahun belum memiliki anak. Setelah melakukan pembicaraan yang cukup mendalam, ternyata Gemintang mendapati bahwa sang istri memang tidak suka dengan anak-anak dan merasa masih belum mau memiliki anak.

Selama perbincangan tersebut, Gemintang jadi tahu komentar-komentar seperti apa yang sering dilontarkan orang kepadanya yang mampu membuatnya tersinggung. Berikut adalah beberapa kalimat yang sebaiknya tidak kamu katakan kepada pasangan yang memang tidak memiliki anak.

“Kalau punya anak, kamu akan merasa bahagia.”

Perkataan seperti ini sangat menohok. Ini hanya membuat pertanyaan baru seperti apa kebahagiaan hanya dapat diperoleh dengan memiliki anak? Memang banyak yang bilang anak merupakan pelengkap kebahagiaan dalam keluarga, namun kebahagiaan yang sejati tidak dapat diukur dari apa yang kita miliki.

“Siapa yang akan mengurusmu kalau kamu tua?”

Ucapan seperti ini juga cenderung menuduh. Pada kenyataannya, tidak semua orang tua di usia senja diurus oleh anak-anak mereka. Banyak yang dikirimkan ke rumah jompo atau bahkan diabaikan.

“Bagaimana bisa kamu tidak mau punya anak?”

Setiap orang pasti memiliki pertimbangan ketika memutuskan sesuatu. Ada saja hal-hal yang membuat pasangan ragu untuk memiliki keturunan, seperti kemampuan ekonomi yang minim, adanya riwayat sakit keras atau genetik, faktor suka atau tidak suka dan sebagainya.

“Anak membuat hidupmu berarti.”

Anak mungkin salah satu hal yang membuat hidup kita berarti. Namun bukan berarti anak adalah satu-satunya hal yang membuat hidup menjadi berarti.

“Seharusnya kamu memiliki anak sebelum terlambat.”  

Tentu saja kebanyakan orang tidak suka diingatkan bahwa dia sudah bertambah tua atau berumur. Bagi sebagian wanita yang biasa merasa sakit ketika menstruasi, menopause bisa menjadi jawaban atas doa-doa mereka.

foto: slate.com

(ldy/rut)

Related Posts