Tips Menghadapi Pasangan Selingkuh

Gemintang.com – Apa yang akan kamu lakukan jika kamu mendapati pasanganmu selingkuh? Tentunya banyak emosi yang bercampur aduk dalam hati dan pikiranmu.

Seringkali orang bertindak gegabah ketika menemukan kondisi seperti ini, namun tindakan yang dipengaruhi emosi tidak akan membuat segala sesuatunya membaik. Dalam keadaan seperti ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk melalui dan menyelesaikan hal ini.

1. Tarik nafas panjang

Dalam situasi-situasi tak terduga seperti ini akan kamu akan mudah mengalami shock, serangan panik dan stress tinggi. Serangan panik atau syok dengan tingkat pacu jantung yang tinggi akan menyebabkan terhambatnya asupan oksigen ke otak yang akan membuat kamu sulit untuk berpikir jernih.

Makanya dalam situasi genting, pastikan kamu menghirup nafas panjang dan dalam yang akan membantu kamu untuk menenangkan diri dan berpikiran jernih.

2. Jangan bertindak seolah tak terjadi apa-apa

Respon lain yang kemungkinan kamu lakukan adalah pengingkaran karena kamu merasa tidak percaya hal seperti ini dapat kamu alami. Kamu harus mengambil keputusan untuk menerima bahwa ini adalah kenyataan pahit yang harus kamu hadapi.

3. Bicarakan ini secara langsung dan mendalam

Setelah kamu tenang, hampiri pasangamu, bukannya selingkuhan dia. Bicarakan alasan dan bagaimana perselingkuhan ini bisa terjadi. Sebelumnya kamu harus mempersiapkan mental untuk mendengar hal-hal yang tidak kamu harapkan.

Cobalah beri kesempatan pada pasanganmu untuk memberi penjelasan, walau bukan berarti kamu sudah memaafkan perselingkuhan tersebut. Yang pasti setiap pasanganamu berhak didengar, dan kamu juga berhak mengutarakan rasa sakit atau kekecewaan yang kamu rasakan.

4. Jangan menyalahkan diri

Setelah berbicara dengan pasanganmu, kecenderungan untuk menyelahkan diri sendiri sangatlah besar. Kamu akan merasa hal ini terjadi karena kesalahan kamu. Berhenti berpikir dan bersikap demikian! Ingat, pasanganmulah yang memutuskan dengan penuh kesadaran untuk berselingkuh.

5. Carilah pertolongan

Hal-hal seperti ini tidak akan bisa kamu atasi sendiri. Oleh karena itu, carilah pertolongan dan dukungan dari orang-orang terdekat yang bisa kamu percaya. Mereka akan membantu menghibur dan menguatkanmu di saat kamu merasa lemah dan sendiri. Meminta bantuan ahli, seperti konselor pernikahan atau guru spiritual, akan lebih baik.

6. Usahakan tetap menjaga kesehatan

Ketika menghadapi masalah seperti ini, kamu akan kehilangan selera makan, namun jangan turuti perasaamu. Kamu membutuhkan tenaga untuk berpikir dengan jernih dan melalui semua ini. Meskipun semua terasa hambar danĀ  tidak menarik, usahakan untuk tetap makan dan minum yang cukup.

7. Pikirkan langkah selanjutnya, putus atau lanjut

Jangan langsung memutuskan, namun pikirkan baik-baik langkah kamu selanjutnya. Pertimbangkan sejauh mana kamu siap menerima pasanganmu kembali atau melepasnya secara total.

foto: singleblackmale.org

(ldy/rut)

Related Posts