Kenapa Sulit Jatuh Cinta?

Couple-unhappy

Gemintang.com – Bagi sebagian orang, jatuh cinta bukanlah hal yang mudah. Ketika orang lain putus-sambung atau jadian dengan mudah dan cepatnya, ada juga orang-orang yang sulit untuk memulai hubungan percintaan. Faktanya, ada berbagai alasan yang menyebabkan hal ini terjadi. Mau tahu apa saja yang membuat orang menjadi sulit untuk jatuh cinta?

1. Label itu menakutkan

Bagi beberapa orang, label ‘pacar’ bisa jadi satu hal yang menakutkan. Kadang label ‘pacaran’ membuat beberapa orang merasa terkekang dan terbebani. Orang jadi merasa tidak bebas untuk berteman karena takut sang ‘pacar’ cemburu. Tidak aneh bila beberapa orang memilih untuk berteman saja. Bahkan ada juga yang berhubungan ala ‘friends with benefits’ dimana dua orang bisa berhubungan seksual tanpa label ‘pacar’ atau ‘suami/istri’.

2. Tidak suka dengan hal yang tidak pasti

Lain halnya dengan alasan ketidakpastian. Ada sebagian orang yang beranggapan lebih baik langsung menikah daripada pacaran. Mereka menganggap pacaran hanya sebagai ‘penjajakan’ yang dinilai kurang serius. Nah, inilah yang membuat sebagian orang berusaha untuk tidak terlalu ‘mencintai’ pacarnya karena takut hubungan itu akan berakhir di tengah jalan.

3. Melihat banyak kegagalan hubungan

Bagi orang yang sering melihat hubungan yang gagal, entah di keluarga atau di lingkungan pergaulan, secara psikologis, kegagalan-kegagalan itu akan terlintas ketika ia mulai tertarik dengan seseorang. Akhirnya, bukannya mencari hal-hal baik dari orang lain, mereka cenderung mencari kelemahan yang akan memperkuat sugesti mereka untuk tidak jatuh cinta pada orang itu.

4. Pikiran yang dangkal

Kalau yang satu ini berlaku bagi mereka yang menganggap pacaran ‘gampang’. Ingat loh, tidak semua pacaran berdasarkan pada rasa cinta atau sayang, kadang pacaran juga terjadi hanya karena mengejar label ‘tidak jomblo’, kebutuhan ‘politik’, dan sebagainya.

Untuk yang menganggap pacaran sebagai satu hal yang berbau politik, ia akan tetap berpacaran selama hal itu menguntungkan. Dan bila sudah tidak menguntungkan, putus merupakan kepastian. Jadi dalam kamus mereka, pacaran akan semakin menguntungkan bila tidak benar-benar jatuh cinta karena meminimalisir keterlibatan emosi.

5. Takut sakit hati

Orang yang pernah mengalami patah hati yang dalam, jatuh cinta merupakan hal yang sangat dihindari dan ditakuti. Beratnya pengalaman untuk bangkit kembali dari patah hati, membuat mereka menjadi takut dan sulit jatuh cinta. Intinya, orang sulit jatuh cinta karena selau terngiang akan sakitnya patah hati.

foto: theguardian.com

(ldy/rut)

Related Posts