Variasi Bulan Madu

Honeymoon

Gemintang.com – Pengantin baru? Bingung memutuskan mau bulan madu ke mana? Tidak ada waktu luang? Atau tidak punya cukup uang? Jangan khawatir, di era modern ini bulan madu bisa divariasikan sesuai kebutuhan.

Kalau bulan madu ‘tradisional’ dilakukan tepat setelah hari pernikahan, ke tempat-tempat berpantai, romantis yang notebene mahal, sekarang tidak lagi. Berikut 5 macam variasi bulan madu modern sesuai dengan pasangan yang melalukannya.

1. Pasangan dengan waktu dan keuangan terbatas

Dapat melakukan minimoons, yaitu bulan madu dalam waktu singkat ke tempat yang tidak terlalu jauh. Carilah tempat yang indah dan eksklusif yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Biasanya vila-vila dipinggir kota atau hotel-hotel di daerah wisata menjadi tempat tujuan utama minimooners. Lakukan hal ini di akhir pekan, supaya waktu bekerja tidak terganggu. Bisa juga dengan melakukan perjalanan dengan kendaraan roda dua seperti motor dan sepeda ke tempat-tempat eksotis. Hemat dan simpel tentunya.

2. Pasangan yang menginginkan bulan madu yang bermanfaat

Biasanya pasangan muda yang tertarik dengan lingkungan dan budaya yang berbeda ingin mengalami bulan madu yang bermanfaat, helpfulmoons. Tujuan bulan madu ini adalah untuk mendapatkan pengalaman pribadi yang bermanfaat bukan hanya untuk pasangan tersebut tapi juga untuk orang-orang dimana bulan madu dilakukan.

Bentuk helpfulmoons bisa berupa kegiatan sukarela live in (tinggal) di desa-desa terpencil, melakukan pengabdian bersama di tempat-tempat pengungsian, dan sebagainya.

 3. Pasangan yang suka tantangan

Buat yang senang tantangan, yang paling tepat adalah adventuremoons, bulan madu penuh petualangan. Aktivitas adventuremoons biasanya seperti mendaki gunung, berpetualang di suaka margasatwa, rafting, menyelam untuk mengamati terumbu karang, dan sebagainya. Banyak juga yang menggandrungi olahraga atau kegiatan ekstrim seperti berkemah bulan madu di hutan tropis.

Biasanya hal tersebut dilakukan oleh pasangan yang ingin pengalaman sekali seumur hidup yang tak terlupakan. Untuk adventuremoons, pasangan harus siap untuk berbagai aktivitas fisik dan keterbatasan fasilitas lokal yang tersedia.

4. Pasangan yang menikah dengan janda atau duda

Bagi pasangan seperti ini, bisa melakukan familymoons, yaitu bulan madu bersama keluarga. Tempat-tempat yang menjadi tujuan familymoons biasanya tempat wisata keluarga yang aman, banyak mendukung kegiatan keluarga, menyediakan makanan yang enak, dan fasilitas keluarga yang lengkap.

Tidak jarang familymoons dilakukan di resort keluarga, dimana disediakan arena khusus bagi orangtua dan taman bermain bagi anak-anak, lengkap dengan para pendamping. Bulan madu ini bisa juga dilakukan di taman hiburan, seperti taman mini, dufan, dan sebagainya.

 5. Pasangan yang menikah di usia lanjut

Biasanya pasangan yang menikah di usia lanjut memiliki waktu dan simpanan finansial yang lebih banyak untuk melakukan maximoons, bulan madu jangka panjang. Dalam maximoons, pasangan bisa melakukan bulan madu ke beberapa tempat sekaligus.

Bisa berupa ziarah ke tempat-tempat bersejarah bagi kedua pihak, bisa juga ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sama sekali. Bulan madu ini bisa menjadi ajang meraih mimpi mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Sekarang, tinggal memutuskan bulan madu seperti apa yang kamu inginkan?

foto: whirlawaytravel.com

(lyd/rut)

Related Posts