“12 Years of Slave” dan “Gravity” Bersaing dalam Academy Award

Photo by jsonline.com

Gemintang.com – Dalam ajang Academy Award ke-86 yang digelar awal Maret ini, dua film mendominasi perolehan piala Oscar. Kedua film tersebut adalah “12 Years of Slave” arahan Steve McQueen dan “Gravity” arahan Alfonso Cuarón. “12 Years of Slave” berhasil menyabet 3 piala Oscar, sedangkan “Gravity” meroket dengan 7 piala Oscar.

Film “12 Years of Slave” yang bercerita mengenai pengacara kulit hitam yang terjebak dalam perdagangan manusia berhasil meraih piala Oscar untuk kategori ‘The Best Picture atau Film Terbaik’. Selain itu bintang film ini, Lupita Nyong’o, juga berhasil mendapatkan piala Oscar untuk Pemeran Wanita Pendukung Terbaik (The Best Supporting Actress). John Ridley juga mendapat Oscar untuk Adopsi Screenplay Terbaik (The Best Adopting Screenplay).

Hasil ini memang sudah diperkirakan sebelumya, karena film ini merupakan produksi Brad Pitt dengan berbagai artis papan atas yang ikut ambil bagian. Apalagi dengan mengusung tema perbudakan yang pada kenyataannya masih banyak ditemukan di berbagai belahan dunia. Menurut para pengamat perfilman, “12 Years of Slave” merupakan salah satu karya terbaik perfilman.

Namun hasil luar biasa tersebut, masih kalah dari dominasi ‘Gravity’ dalam perolehan Oscar, yang tidak tanggung-tanggung memboyong 7 piala Oscar sekaligus. Nominasi yang berhasil dimenangkan film ini antara lain: Sutradara Terbaik (Alfonso Cuarón), Cinematography (Emmanuel Lubezki), Editing (Alfonso Cuarón dan Mark Sanger), Visual Effects (Tim Wbber, chris Lawrence, Dave Shirk, dan Neil Corbould), Sound Editing(Glenn Freemantle), Sound Mixing (Skip Lievsay, Niv Adiri, Christopher Benstead dan Chris Munro), dan Naskah Terbaik (Steven Price).

Dengan pencapaian ‘Gravity’ dalam Academy Award ke-86 ini, menunjukkan film ini layak menjadi bahan perbincangan dan atensi masyarakat. Tentunya keberhasilan Cuarón membuatnya menjadi salah satu sutradara terbaik dalam dunia perfilman Hollywood. Kepiawaiannya dalam meramu sebuah film fantasi ilmiah sudah tidak diragukan lagi.

(ldy/rut)

Related Posts