5 Negara ASEAN dengan Stadion Sepak Bola Terbesar

Gemintang.com – Olahraga sepak bola memang tidak pernah ada matinya. Dari rakyat kecil hingga kaum bangsawan dapat memainkan olahraga kaki yang satu ini. Namun bicara tentang  sepak bola tak lengkap jika tidak membicarakan stadionnya. Nah Sobat, kali ini Gemintang akan membahas lima stadion sepak bola berkapasitas terbanyak di Asia Tenggara. Stadion dari negara mana sajakah itu? Cari tahu lebih lanjut di bawah ini, yuk.

1. Stadion Bukit Jalil, Malaysia (100.000)

Stadion terbesar di negara Asean ini pertama kali dibangun pada tanggal 1 Januari 1997 sebagai tempat penyelenggaraan Commonwealth Games ke-16 tahun 1998. Selain menjadi yang  nomor satu di Asia Tenggara, stadion Bukit Jalil juga menempati posisi ke 25 stadion terbesar di dunia. Wow!

2. Stadion Gelora Bung Karno, Indonesia (88.306)

Indonesia patut berbangga karena menjadi negara ASEAN kedua yang memiliki stadion sepak bola terbesar di Asia Tenggara. Stadion ini terletak di daerah Senayan, Jakarta Pusat dan merupakan bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno.

Selain sebagai pusat kompleks olahraga, Gelora Bung Karno juga sering menjadi tempat diselenggarakannya konser seperti, konser Linkin Park, Metallica hingga konser artis-artis Korea, SM Town World Tour III dan KBS Music Bank.

3. Stadion Rajamalanga, Thailand (65.000)

Stadion yang di rancang oleh fakultas arsitektur dari Universitas Chulalongkorn ini berkapasitas 65.000 orang. Stadion ini pertama kali digunakan untuk ajang Asian Games 1998. Awalnya masyarakat Thailand merasa kesulitan untuk mengunjungi stadion Rajamalangan karena tempatnya yang tidak dapat dijangkau oleh alat transportasi umum.

Namun kemudian pemerintah Thailand membuat Bangkok Mass Transit System (Skytrain) dan Airport Rail Link tahun 2010 yang memudahkan siapa saja datang ke stadion ini.

4. Stadion Nasional, Singapura (55.000)

Tempat keempat dihuni oleh negara Singapura. Setelah perang dunia kedua selesai dan Singapura menjadi negara kesatuan, segeralah dibangun stadion ini. Stadion milik kementrian olahraga Singapura ini terletak di daerah Kallang, Singapura. Dibangun tahun 1966, proses pembangunan stadion ini sempat molor dikarenakan cuaca yang buruk hingga baru selesai tahun 1973.

5. Stadion Nasional Phnom Penh, Kamboja (50.000)

Dibangun tahun 1963 dan selesai tahun 1964, Stadion Nasional Phnom Penh di desain oleh arsitek asli asal Kamboja bernama Vann Molyvann. Tempat ini juga sempat digunakan untuk kegiatan FIFA World Cup tahun 1966. Wow, dahsyat!

foto: id.wikipedia.org

(asa/rut)

Related Posts