6 Artis Penderita Autisme yang Sukses

Tim Burton

Gemintang.com – Siapa bilang penderita autisme tidak akan berhasil dalam hidup? Seringkali penderita-penderita autisme dipandang sebelah mata dan direndahkan, padahal mereka memunyai talenta dan potensi yang sama atau bahkan lebih dibandingkan orang kebanyakan. Selama dua dekade terakhir, banyak riset tentang autisme dilakukan guna lebih mengerti dan memahami autisme.

Berdasarkan riset-riset dan kenyataan di lapangan, ternyata dari antara penderita autisme, banyak yang akhirnya sukses dalam karier dan hidupnya. Seperti 6 penderita autisme berikut yang berhasil keluar dari paradigma masyarakat dan meraih kesuksesan di bidangnya masing-masing.

Tim Burton

Pria 56 tahun kelahiran California, Amerika Serikat ini menorehkan prestasi gemilang dalam bidang seni. Ia adalah seorang produser, penulis, penyair, dan animator terkenal. Beberapa film garapannya yang cukup dikenal adalah Batman Begins, Planet of The Apes, dan Alice in Wonderland.

Bob Dylan

Pria ini merupakan musisi dan artis legendaris Amerika yang dulu pernah didiagnosa menderita syndrome asperger. Walaupun pernah DO dari perkuliahan, tekad Dylan untuk bermusik tidaklah sirna. Di tahun 1962 akhirnya ia mendapat kontrak menyanyi dan mulai berkeliling dunia untuk bernyanyi. Bahkan ia pernah memenangkan piala Oscar untuk lagunya bertajuk “Things Have Changed”.

Temple Grandin

Wanita ini merupakan seorang profesor dalam bidang ilmu hewan, yang termasuk dalam 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time. Setelah mendapat gelar sarjana psikologi dan doktoral dan professor dalam bidang ilmu hewan, Grandin mengkampanyekan penanganan autisme sejak dini. Menurutnya, anak penderita autisme jika mendapat bimbingan yang tepat akan berhasil dalam bidang yang ia sukai.

Susan Doyle

Di usianya yang ke-47, wanita Skotlandia ini menggemparkan dunia dengan suara emasnya. Walaupun didiagnosa menderita sindrom asperger, penyanyi tingkat dunia ini tidak  merasa penyakitnya sebagai penghalang kariernya. “Penyakitku bukanlah siapa aku, tapi apa yang aku lakukan dan hasilkan, itulah aku,” katanya penuh percaya diri.

Adam Young

Anak muda pasti mengenal Adam Young yang merupakan vokalis band Owl City. Ia merupakan musisi, penulis lagu dan penyanyi asal Minnesota yang didiagnosa menderita sindrom asperger. Ia mengaku sebagai seorang yang pemalu dan introvert secara sosial, namun hal ini tidak menghalanginya berkarya dalam bidang yang ia sukai, musik.

James Durbin

Penyanyi lulusan American Idol Season 10 ini pernah didiagnosa menderita sindrom asperger dan tourette ketika masih 10 tahun. Musik dalam bentuk gitar kesayangannya yang menjadi obat dan membantunya melewati masa-masa bullying di sekolah. “Musik menjadi fokus hidup saya. Rasa sakit akibat bullying saya tuangkan lewat musik sehingga saya bisa menjadi siapa saya sekarang,” tuturnya.

foto: nydailynews.com

(ldy/rut)

Related Posts