Disiplin Diri Sang Petinju, Chris Jhon

Photo by theboxingtribune.com

Gemintang.com – Pastinya Sobat Gemintang pernah mendengar nama Chris John, petinju Indonesia, bukan? Petinju berusia 33 tahun ini telah mengharumkan nama bangsa dengan menjadi juara tinju kelas bulu WBA selama 9 tahun terakhir. Kiprahnya di dunia tinju sudah tidak disangsikan lagi. Atlet kelahiran Banjarnegara, 14 September 1979 ini bahkan sudah mempertahankan gelarnya dalam 18 pertandingan. Pertandingan terakhirnya dengan petinju Jepang, Satoshi Hosono berakhir seri. Sepanjang perjalanan karirnya, ia telah memegang rekor kemenangan 48 kali, seri 3 kali, dan belum pernah kalah sekalipun. Apa rahasia keberhasilannya?

Dalam setiap kemenangannya di berbagai pertandingan, Chris Jhon mempunyai resep sukses, yaitu ia menganggap pekerjaannya sebagai sebuah tanggung jawab yang ia jalankan dengan serius karena ini merupakan pilihan hidupnya. Oleh karena itu, disiplin diri untuk tetap latihan secara konstan merupakan suatu keharusan. Petinju yang diberi julukan Dragon-John (Naga John) ini, tidak ragu untuk mengikuti training camp di Australia sebagai persiapan pertandingannya. Menurutnya kerja keras, dedikasi, disiplin, dan keinginan untuk menjadi petinju yang lebih baik adalah kunci kesuksesannya.

Walaupun namanya sangat tersohor di Indonesia, sayangnya di dunia internasional nama John tidak terlalu dikenal. Namun hal ini tidak mengecilkan hatinya. Bagi legenda kelas bulu ini, karier tinjunya merupakan kepercayaan rakyat Indonesia. Ia hanya ingin menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia pun memiliki petinju-petinju berbakat. Petinju yang berdomisili di Semarang ini menyatakan bahwa demi Indonesia, ia siap bertanding dengan siapa saja, dimana saja.

Dan bagi pria bershio Kambing ini, ia belum berencana menggantungkan sarung tinjunya walaupun banyak atlet tinju lain yang berkomentar bahwa Chris Jhon lebih baik pensiun karena keseringannya mengalami berbagai cedera sehingga dianggap bahwa tubuhnya tak akan sanggup lagi bertanding. Walaupun sering menerima komentar dan kritik pedas seperti itu  bahkan juga kecurangan dari rivalnya di arena ring pertandingan, namun Chris Jhon mengabaikan hal tersebut dan terus maju memberikan prestasi terbaik bagi keluarga dan juga negaranya, Indonesia.

Semangat dan kerja keras serta disiplin dirinya memang patut kita contoh, Sobat Gemintang.

(lyd/rut)

 

Related Posts