Jeremy Lin, Pemain NBA Asal Taiwan yang Bikin Heboh Dunia

Gemintang.com – Demam “Linsanity” ternyata tak hanya melanda Amerika. Taiwan, negara asal sang bintang lapangan New York Knicks ini juga tengah ramai mengeluk-elukan Jeremy Lin sebagai sosok pahlawan. Berkat kesuksesan Lin sebagai pemain NBA, bangsa Taiwan mengaku bangga. Pemain dengan tinggi 1,9 meter berhasil mencatatkan rata-rata 20 poin dalam setiap pertandingan bersama Knicks.

Sekitar akhir tahun 2010, Lin menjadi orang Amerika keturunan Taiwan pertama yang berhasil masuk di tim NBA. Namun perjuangan Lin hingga akhirnya bisa masuk Knicks tentu tidaklah mudah. Lin sempat gagal mendapatkan beasiswa atlet ke perguruan tinggi, namun kegagalan tersebut membawanya bergabung dengan tim Harvard University.

Lulus di tahun 2010, Lin gagal masuk jajaran bakal pemain NBA. Demi sedikit mengobati rasa kecewa, dia sepakat bergabung dengan NBA Golden State Warriors yang bermarkas di California. Lantaran jarang dimainkan, Lin malah dikirim ke liga kecil NBA. Hingga pada awal Februari 2010 Knicks memberinya kesempatan.

Kesempatan yang datang jelas tak disia-siakan oleh Lin. Pria berzodiak Leo ini berhasil membuktikan kemampuannya pada dunia. Kisah suksesnya yang dinilai tak lazim justru semakin melambungkan namanya hingga makin banyak orang yang menjadikannya idola.

Selain kepiawaian bermain basket, kehidupan Lin di luar lapangan pun tak kalah menarik perhatian. Pasalnya, Lin adalah seorang pemeluk Kristen yang saleh. Pria asal Palo Alto, California, semakin diidolai lantaran tak banyak keturunan imigran Asia yang bisa sukses di Amerika.

Kesuksesan Lin pun sukses menaikkan pamor olahraga basket di Asia dan berhasil menghancurkan stereotip bahwa olahraga basket umumnya diperuntukkan bagi warga Amerika, Eropa, dan Afrika. Prestasi Lin jadi bukti bahwa orang-orang Timur dengan postur tubuhnya yang rata-rata tak setinggi orang-orang Barat juga bisa sukses. Bahkan, Lin mampu menginspirasi anak muda Taiwan yang kebanyakan berkarier di bidang bisnis dan teknologi daripada di bidang olahraga.

Selain Lin, pemain keturunan Taiwan yang ketenarannya mendunia adalah Wang Chien-ming, pemain Liga Utama Baseball dan Yani Tseng, peringkat satu pemain golf wanita. Namun, popularitas Lin berbeda dengan dua pendahulunya. Pria kelahiran 23 Agustus 1988 menjadikan olahraga basket semakin diminati di Taiwan, meskipun baseball masih mendominasi di Taiwan.

Banyak orang berpendapat bahwa kisah Jeremy Lin adalah tentang mimpi yang bisa jadi kenyataan. Tanpa postur tubuh yang terlalu tinggi atau fisik yang terlalu kuat, Lin bisa sukses lantaran punya kegigihan dan rasa antusias yang tinggi, sama seperti salah satu karakter Leo.

Baru-baru ini NBA telah menggiatkan promosi di Taipei untuk memanjakan para penggemarnya dengan memperbanyak tayangan pertandingan di luar musim baseball.

 foto: latimes.com

(nab/rut)

Jeremy Lin, Pemain NBA Asal Taiwan yang Bikin Heboh Dunia silky

Review

Jeremy Lin, Pemain NBA Asal Taiwan yang Bikin Heboh Dunia

Summary: Jeremy Lin, Pemain NBA Asal Taiwan yang Bikin Heboh Dunia

5

Good

User Rating: 1.1 (1 votes)

Related Posts