Joey Alexander, Musisi Jazz Termuda di Indonesia

Gemintang.com – Apakah kamu salah satu penikmat musik aliran jazz? Mungkin nama-nama seperti Ireng Maulana, Indra Lesmana, Tohpati, Tompi, Barry Likumahua, atau Boy Karinding (Filipina) sudah familiar di telingamu.

Tapi saat ini ada bintang muda jazz lainnya yang sedang bersinar juga, lho. Ya, dia adalah Joey Alexander. Bocah yang baru berusia 10 tahun ini sudah memukau banyak orang dengan permainan pianonya. Mau tahu lebih lengkap tentang musisi muda berbakat ini? Yuk scrool down mouse kamu.

Joey Alexander merupakan bocah kelahiran Denpasar, 25 Juni 2003. Sedari kecil Joey sudah akrab dengan musik. Orang tua Joey yang memang penggemar musik jazz tidak jarang membawanya melihat berbagai pertunjukkan jazz. Diusianya yang keenam, Joey meminta untuk diikutkan les piano.

Karena kesukkaannya akan musik jazz, permainan piano jazz Joey menarik perhatian musisi-musisi senior jazz di Bali sehingga ia kerap diajak ‘manggung’ bersama mereka. Kepindahan keluarga Joey ke Jakarta di tahun 2011 tidak mematahkan kecintaannya akan jazz. Di bawah bimbingan Nita Aartsen dan Indra Lesmana, kemampuan piano Joey pun semakin berkembang.

Karier Joey di dunia internasional dimulai ketika ia diundang UNESCO untuk bermain piano solo pada Desember 2011. Saat itu ikon jazz dunia, Herbie Hancock, yang ketika itu menjadi duta PBB ikut menyaksikan penampilan Joey. Hal ini semakin mengukuhkan semangat Joey untuk mendalami jazz.

Usaha keras Joey pun berbuah ketika ia memenangkan grand prix dalam the 1st International Festival Contest of Jazz Improvisation di Odessa, Ukraina. Saat itu, Joey berhasil mengalahkan 43 kontestan lainnya dari 15 negara.

Joey pun aktif mengikuti festival musik lokal seperti Jakjazz Festival, Java Jazz Festival, Ramadhan Jazz Festival dan World Youth Jazz Festival. Dan pada kamis lalu tanggal 29 Agustus 2013, Joey  tampil dalam Serambi Jazz di GoetheHaus Jakarta Pusat. Selain itu, Joey juga akan kembali menjadi pengisi acara dalam World Youth Jazz Festival di Jungleland Adventure Theme Park, Sentul pada 7-8 September 2013.

So, Jangan lewatkan permainan piano dari rising star Joey Alexander, musisi jazz termuda Indonesia ini, ya.

foto: whatzups.ne

(lyd/rut)

Related Posts