JokoWi Contoh Bagi Para Politikus Indonesia

 

Foto by Getty Images

Gemintang.com – Jika kalian tidak ketinggalan berita, pasti teman – teman semua tidak asing dengan Walikota asal Solo Joko Widodo atau akrab dipanggil JokoWi. Dibawah kepemimpinannya selama masa jabat semenjak 2005 kota Solo mengalami perubahan signifikan. Cara kepemimpinannya yang terbilang progressif menjadikan kota Solo lebih berwarna, dari memberikan jalan kepada investor dalam membantu lapangan public dan menjadikan kota Surakarta menjadi salah satu kota warisan dunia yang juga menjadi tuan rumah dalam organisasi tersebut.

Jokowi kelahiran Surakarta 50 tahun yang lalu memiliki bintang Cancer yang berkarakter tajam, hati-hati, Pelindung dan simpatik, dipilih melalui partai PDI-Perjuangan dengan wakil walikota F.X. Hadi Rudyatmo. JokoWi merupakan lulusan Insyinyur kehutanan UGM. Sebelum ia menjabat Walikota, ia merupakan pedagang mebel rumah dan taman. Kesuksesan ia tak hanya dalam penataan kota, yang merubah slogan kota Solo menjadi “Solo: The Spirit of Java”.

JokoWi yang banyak belajar dari pengembangan kota – kota di Eropa, menjadi salah satu contoh dalam pembenaan kota Solo. Ia telah mendapatkan perhatian tersendiri, warga solo yang menganggapnya sebagai tokoh yang baik, apalagi dengan ia menolak untuk diberi gaji. Dalam pembicaraannya dengan salah satu media “ Saya tidak tahu berapa jumlah gaji saya, saya tidak pernah mengambil gaji saya, seluruhnya telah saya kembalikan untuk pendapatan kota” tak aneh karena JokoWi memiliki shio Kerbau yang mengartikan dilahirkan sebagai pemimpin, dan menjadi inspirasi untuk orang di sekitarnya.

Jokowi yang mendapatkan mobil dinas sebuah Toyota Camry yang pernah dipakai dengan walikota sebelumnya, juga jarang digunakan. Kadang ia memilih untuk dijemput oleh anak laki-lakinya yangpaling pertama. Gaji seorang walikota ditaksir sebesar 6,2 juta perbulan ditambah rumah dan mobil dinas. JokoWi tetap bertempat tinggal dirumah aslinya yang telah didiaminya selama 30 tahun. JokoWi menolak issue tentang penaikan calon sebagai Calon Presiden di periode mendatang, namun ia akan mencalonkan dalam pemilihan gubernur Jakarta pada tahun ini. Bagaiman menurut pendapat teman – teman semua, akankah JokoWi dapat membenahi kota Jakarta tercinta ini.

(Sil)

Related Posts