Keisengan yang Kembali Membuahkan Hasil

Foto by topnews.in

Gemintang.com – Kembali sebuah keisengan membuahkan hasil seperti yang sudah dilakukan oleh Mark Zuckerberg. Ada yang tahu keisengan apa yang berhasil dibuat olehnya? Yup, betul sekali facebook. Salah satu jejaring sosial ini sekarang memang sudah mendunia, tapi tidak semua orang tahu siapa orang dibaliknya. Meskipun film tentang facebook ini pernah dirilis.

Mark Elliot Zuckerberg, yang dilahirkan di White Plains New York pada 14 Mei 1984, sejak kecil memang sudah tertarik dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan komputer terutama pemograman. Bayangkan saja ketika usianya 12 tahun dia berhasil menciptakan program messaging sederhana memang tapi bisa digunakan oleh tiap keluarganya. Selain berprestasi dengan komputer, Mark juga berprestasi dalam sastra semasa sekolah. Dia bahkan tidak hanya menguasai bahasa ibunya melainkan beberapa bahasa asing lainnya seperti bahasa Perancis, Ibrani, Latin dan Yunani kuno.

Setelah menyelesaikan pendidikannya dari Philips Exeter Academy di New Hampshire, Mark melanjutkan pendidikannya di Harvard University. Seperti idolanya, Bill Gates, Mark hanya bertahan sampai tahun kedua dan akhirnya fokus untuk menyelesaikan projek “iseng”nya yang akhirnya melahirkan facebook. Iseng yang seperti apakah yang mengilhami tercetusnya facebook? Iseng tersebut bermula dari kamar asramanya sewaktu di Harvard. Awalnya Mark hanya ingin membuat sebuah website yang keren dan disenangi oleh teman-temannya. Mark membuat secara illegal ratusan foto mahasiswi Harvard yang disusun berdampingan guna memilih siapa yang lebih menarik bersama teman-temannya.  Tanpa diduga, karena banyak mahasiswa Harvard yang mengaksesnya, server Harvard pun akhinya macet dibuatnya. karena tindakannya ini, Mark sempat harus berhadapan dengan para petinggi Harvard untuk diadili dan nyaris dikeluarkan tidak hormat.

Meskipun begitu akhirnya facebook diciptakan eksklusif untuk mahasiswa Harvard. Ternyata responnya diluar dugaan sampai akhirnya facebook bisa juga dinikmati oleh kampus-kampus lain dan pada September 2006 resmi dibuka untuk umum yang berusia 13 tahun ke atas. Nama facebook sendiri didapat dari sebuah majalah tahunan (kalau dikita seperti buku kelulusan) yang berjudul facemash, kemudian berganti jadi the facebook sampai akhirnya menjadi facebook.

Berkat keisengannya, Mark berhasil menjadi jutawan muda. Meskipun harus mempekerjakan kurang lebih 1.700 pegawai yang tersebar di 12 kantor di dunia, Mark tetap berhasil memperoleh pendapatan yang mencengangkan tiap tahunnya. Sumber pendapatannya didapat dari seluruh iklan yang ditayangkan di facebook-nya. Sebagai informasi, pengiklan utamanya adalah raja software Microsoft idolanya. Dia bahkan melepas 1,6% sahamnya buat idolanya

(Lydia)

Related Posts