Kesuksesan Venus Williams

Foto by guardian.co.uk

Gemintang.com –  Venus Williams salah satu dari empat wanita di era terbuka telah memenangkan lima gelar Wimbledon, Venus yang bernama lengkap Venus Ebony Starr Williams yang merupakan mantan No 1 Dunia, pemain berusia 32 tahun menjadi salah satu pemain tennis senior yang masih aktif. Venus memiliki record kemenangan 93-0 diawal tournament para junior. Selama tournament junior berjalan banyak pandangan negative kepada Williams bersaudara karena warna kulit dan keturunan Afrika. Kesuksesan Williams bersaudara tak dapat dipungkiri, dengan jumlah kejuaraan dan memenangkan Grand Slam menjadikan kedua kakak beradik ini salah satu pemain tennis wanita terbaik, walaupun Venus dan Serena sudah menginjak diatas 30 tahun, daya magnet mereka terlihat belum pudar hingga sekarang.

Debut awal Venus di dunia professional dimulai ditahun 1994 dalam even Bank of the west classic di Oakland, namun Venus kalah di babak kedua oleh Arantxa. Ditahun 1997 menjadi tahun awal kesuksesan karirnya, setelah mencapai quarterfinal di Indian Wells, kemudian Venus mengalahkan adiknya Serena di round kedua tepatnya dalam even Australian Open namun ia dikalahkan oleh Lindsay Davenport dibabak quarterfinal. Uji coba Venus berlanjut dalam even Wimbledon dimana Venus mengalahkan pemain cantik asal Russia Ana Kournikova dan akhirnya tunduk dengan Steffi Graf. Ditahun yang sama Williams bersaudara membantu tim USA mengalahkan Russia di final Fed Cup. Semenjak itu Venus berhasil mengalahkan beberapa pemain top. Venus bersama pasangan ganda putri Serena berhasil memenangkah Grand Slam pertama diajang French Open disusul juara women’s doubles US Open di tahun 1999.

Venus pertama kalinya memenangkan Wimbledon ditahun 2000 setelah mengalahkan Serena di semifinal dan mengalahkan Martina Hingis yang saat itu merupakan peringkat nomer satu didunia. Ditahun yang sama Venus meraih US Open trofi dengan mengalahkan Hingis di semifinal dan mengalahkan Davenport difinal. Sedangkan dalam ajang Olimpiade Venus juga sukses mengalahkan beberapa pesaingnya untuk membawa pulang medali emas di Olimpiade Sydney. Kedua Williams bersaudara juga memenangkan medali emas untuk ganda putri.

Venus memenangkan Wimbledon sebanyak 5 gelar di tahun 2000, 2001, 2005, 2007 dan 2008 sedangkan US Open ditahun 2000 dan 2001. Venus hanya menempati sebagai finalis di ajang Australian Open dan French Open. Ditahun 2011 Venus gagal melaju ke babak ketiga akibat cidera otot paha. Ini merupakan pertama kalinya Venus menghentikan pertandingan akibat cidera sejak 1994. Mengakibatkan Venus absen dalam beberapa ajang seperti Fed Cup, Madrid, Rome dan French Open menjadikan pertama kalinya ajang Grand Slam tanpa Williams bersaudara, yang disaat itu Serena juga mengalami isu kesehatan. Kembaliknya Venus diajang Wimbledon 2011, Venus bermain hampir tiga jam melawan pemain veteran jepang Date Krumm, namun kalah atas pemain asal Bulgaria Pironkova di round keempat.

Venus didiagnosa penyakit autoimun dan absen dalam dunia tennis yang membuat ia keluar dari top 50 dan terpuruk di ranking 102 sedunia. Menjadi rangking terburuknya sejak 1997. Ditahun 2012 Venus kembali tur tennis berpartisipasi dalam ajang Auckland, kompetisi sebelum Australian Open. Venus mengikuti Olimpiade London 2012, ia mengikuti Single dan ganda bersama Serena. Venus dikalahkan oleh Angelique Kerber setelah Venus memimpin 5-1 di set pertama setelah Kerber membabat point ketinggalan. Venus dan Serena berhasil meraih medali emas dalam ganda putri. Dalam ajang US Open Venus kembali dikalahkan Oleh Kerber di round kedua.

Venus yang kini menggeluti dunia fashion baru saja meluncurkan line terbarunya Eleven. Venus diberitakan sedang menggandeng model asal Cuban bernama Elio Pis, mereka berdua bertemu saat Pis bekerja menjadi model untuk peragaan busana milik Venus. Williams bersaudara menjadi kepemilikan tim NFL Miami Dolphins, menjadikan Williams bersaudara pertama kalinya wanita Afrika Amerika menjadi kepemilikan tim Amerikan Football dalam sejarah.

(Sil)

Related Posts