Kevin Systrom: Kaya, Kreatif dan Penuh Semangat

Gemintang.com – Di zaman modern, manusia memang semakin akrab dengan teknologi. Tak heran apabila dewasa ini muncul berbagai macam aplikasi media sosial dari mulai aplikasi berjenis mikro blog hingga penggunggah foto. Keakraban manusia dengan teknologi bukan hanya berfungsi sebagai sarana hiburan, tapi juga dijadikan cara lain berkomunikasi, berdagang, hingga mencari jodoh.

Dari beragam media sosial yang nge-hits saat ini, Instagram memang tidak boleh terlewatkan. Pada tahun 2010 saat aplikasi ini lahir, Instagram mampu menggaet 31 juta pengguna! Dan pada saat Facebook mengakuisisi saham Instagram senilai Rp. 9,1 trilliun, aplikasi ini pun semakin laris dan mampu menyejahterakan para dalang-dalang pembuatnya.

Lalu, siapa sih pemilik otak cemerlang pembuat aplikasi Instagram? Melalui tangan dingin pemuda bernama Kevin Systrom, 29, bersama rekannya, Mike Krieger, 28, lahirlah aplikasi ini. Kevin Systrom merupakan sarjana lulusan Universitas Stanford jurusan Teknik dan Manajemen Sains tahun 2006 silam.

Semasa kuliah Systrom sempat bekerja untuk Twitter, Google hingga Microsoft. Ia juga sempat bekerja selama 17 bulan di Mountain View – perusahaan pengembang aplikasi Meebo. Melalui pengalamannya itu pula intuisi Systrom dengan dunia teknologi semakin terasah.

Sebelum menciptakan Instagram, pria kelahiran 30 Desember 1983 pernah mencoba membuat aplikasi berbagi lokasi bernama Burbn. Namun rupanya gaung aplikasi tersebut tidak begitu terasa. Sadar bahwa aplikasi Burbn tidak sukses, Systrom pun mencoba kembali membuat aplikasi lain yaitu Instagram.

Instagram sendiri terdiri dari dua kata:  ‘instan’ dan ‘telegram’. ‘Instan’ berasal dari kata foto instan seperti yang biasa diambil menggunakan kamera polaroid, sementara ‘gram’ berasal dari kata telegram yang dihubungkan dengan cara kerja telegram yaitu memberikan informasi. Jadi Instagram merupakan sebuah layanan berisi foto-foto yang memberikan informasi.

Saat masa-masa awal aplikasi Instagram tercipta, beberapa ‘orang besar’ enggan menanamkan sahamnya. Namun tak lama kemudian pendiri Twitter, Jack Dorsey justru tertarik menamakan sahamnya di aplikasi buatan Systrom. Ketertarikan Jack Dorsey lah yang membuat kesuksesan Instagram mencuat. Momen tersebut sekaligus menjadi titik balik kesuksesan pria yang menghabiskan masa kecillnya di Holliston, Massachusetts.

Jika ditilik kembali, perjalanan pria berzodiak Capricorn ini memang tidak mulus. Putera dari pria bernama Douglas Systrom benar-benar menitinya dari bawah dan belajar dari pengalaman-pengalamannya bekerja dengan banyak perusahan-perusahan terkemuka.

Ia pun tidak mudah menyerah saat aplikasi Burbn yang pernah dibuatnya tidak laku di pasaran. Dari kegagalannya itu Systrom justru semakin memberdayakan daya kreatifnya untuk menciptakan aplikasi keren lainnya.

Wah, Kevin Systrom memang keren ya, Sobat Gemintang!

foto: reuters.com

(ysf/rut)

Related Posts