Mantan Artis Cilik yang Go International, Agnes Monica

Gemintang.com – Banyak artis Indonesia yang mencoba untuk go international, salah satunya di antaranya adalah artis cilik yang telah beranjak dewasa yaitu, Agnes Monica. Perempuan yang memiliki nama lengkap Agnes Monica Muljoto lahir pada tanggal 1 Juli 1986 di Jakarta. Dia adalah anak bungsu dari Ricky Muljoto (Ayah) dan Jenny Siswono (Ibu) dengan memiliki satu kakak laki-laki yang dijadikan manajernya bernama Steve Muljoto.

Agnes cilik menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Tarakanita, kemudian melanjutkan ke SLTP, SMA, dan Universitas Pelita Harapan. Meskipun akhirnya Agnes harus mengundurkan diri dari kuliahnya, dia pun melanjutkan kuliahnya di Oregon State University dengan jurusan political science. Agnes dikenal sebagai artis dengan multitalenta; penyanyi, presenter, pemain sinetron.

Agnes sendiri sudah memulai karier menyanyinya sejak usianya beranjak enam tahun lewat albumnya yang berjudul Si Meong. Kemampuan menyanyinya terasah di gereja dan mengikuti kursus vokal. Lewat album kedualah, berjudul Yess! (1995), Agnes mulai dikenal sebagai penyanyi cilik.

Dalam album itu, dia berduet dengan Eza Yayang. Album ini juga berhasil mendapat penghargaan Album Anak-anak Terbaik di tahun 1999. Album ketiga pun berhasil dikenalkan ke pasaran, yang berjudul Bala-bala, dan makin melambungkan namanya sebagai penyanyi cilik.

Sedangkan karier presenternya dimulai sejak menjadi presenter acara anak-anak diantaranya Video Anak Anteve (VAN), Tralala-Trilili, dan Diva Romeo. Selama karir presenternya, Agnes berhasil menjadi Pembawa Acara Anak-anak Terfavorit dua tahun berturut-turut di tahun 1999-2000 dalam penghargaan Panasonic Awards.

Beranjak remaja, Agnes memulai kariernya dalam dunia seni peran. Penampilan perdananya dimulai dari sinetron Lupus Milenia dan Mr. Hologram (1999). Lalu pada tahun 2000, citra Agnes sebagai artis cilik mulai terhapus lewat peran utamanya dalam Pernikahan Dini dengan lawan mainnya, Sahrul Gunawan. Sinetron lainnya yang berhasil dibintangi oleh Agnes adalah Ciuman Pertama, Kejar Daku Kau Kutangkap, dan Amanda di tahun 2002.

Setahun kemudian Agnes pun mencoba untuk mengubah citranya sebagai penyanyi cilik dengan mengeluarkan beberapa album seperti And the Story Goes (2003), Whaddup A’..?! (2005), Nez (2008), Sacredly Agnezious (2009), Agnes is My Name (2011). Lewat album dewasa keduanya (2005), Agnes mulai meniti karir internasionalnya dalam dunia tarik suara. Dalam album ini, Agnes berduet dengan Keith Martin.

Dia juga berduet dengan penyanyi asing seperti Christian Chavez, Michael Bolton, dan proyek terbaru yang akan digencarkannya, duet bersama Timbaland. Tidak hanya mendapat penghargaan dalam negeri, Agnes juga berhasil mendapat penghargaan salah satunya lewat ajang Asia Song Festival di Korea.

Selain meniti karier internasionalnya lewat menyanyi, Agnes juga mencoba dunia seni peran. Dia bermain dengan aktor Taiwan, Jerry Yan, dengan dramanya yang berjudul The Hospital dan beradu akting dengan Peter Ho dalam Romance in the White House.

Dengan segudang prestasi yang dimilikinya, ia pun diminta menjadi juri ajang pencarian bakat pada tahun 2010, pembawa acara red carpet di American Music Awards di Amerika Serikat (2010), duta anti narkoba se-Asia, dan yang terbaru dirangkul oleh UNICEF dalam event terbarunya. Selain itu, Agnes berhasil menjadi trendsetter di kalangan pemuda lewat konsep uniknya dan menginspirasi banyak orang untuk mengejar impiannya.

foto: @agnezmo

(ldy/rut)

Related Posts