Pesepak Bola yang Telah Menelurkan Karya Tulis

Photo by frankiesmagicfootball.co.uk

Gemintang.com – Begitu banyak bakat yang bisa kita gali dalam diri kita. Bahkan sekalipun itu sesuatu hal yang sebelumnya tidak kita sadari. Dan hal ini ternyata juga berlaku pada pesepak bola lokal dan internasional. Tidak hanya piawai menggiring dan memainkan bola di lapangan hijau, mereka juga mahir dalam bidang tulis menulis. Bahkan ada dari mereka yang sudah menelurkan beberapa buku dan sukses dipasaran. Tentu saja sosok-sosok ini pantas menjadi motivasi bagi kita untuk terus menggali bakat yang ada di dalam diri kita. Sudah penasaran siapa saja? Berikut ulasannya.

  • Frank Lampard

Keputusan Lampard menekuni dunia tulis-menulis diawali dari kebiasaannya membacakan cerita untuk sang anak. Kini Frank Lampard telah berhasil menulis buku anak berjudul “Frankie vs The Pirate Pillagers”. Tokoh bernama Frankie merupakan tokoh utama dalam bukunya yang menceritakan kegemarannya pada dunia bola. Bukan hanya itu, dalam buku tersebut diceritakan pula teman-teman Frankie dan karakter anjing yang setia menemani mereka bernama Max.

Uniknya, karakter teman-teman Frankie dalam buku ini ia ambil dari karakter teman-teman Lampard di klubnya, Chelsea. Lampard menuturkan bahwa dunia membaca dan sepak bola tidak bisa terpisahkan, itulah kenapa ia menciptakan buku “Frankie vs The Pirate Pillagers”. Di terbitkan oleh penerbit Neil Brar, buku ini rencananya akan rilis bulan Juni 2013 dan sudah menandatangi kontrak untuk menulis empat buku cerita anak lainnya. Wow, jadi tidak sabar menantikan karya Lampard yang satu ini!

  • Wayne Rooney

“My Decade In The Premier League” menjadi ajang pembuktian Rooney bahwa ia masih dapat bertahan ketika kegagalan menghampirinya bersama klub tempat ia bernaung, MU dalam Liga Primer. Buku ini merupakan buku autobiografi Rooney. Dalam bukunya, Rooney menulis kejadian suka dan duka yang ia rasakan selama menjalani hidup sebagai pesepak bola di salah satu klub ternama di dunia, Manchester United.

Dalam buku ini Rooney menceritakan apa yang ia rasakan bersama rekan-rekan satu klubnya dan apa yang terjadi saat ia menjadi bagian dari salah satu klub sepak bola terbesar di dunia; pertandingan, arena pertarungan, pelatih, ruang ganti, termasuk kondisi emosionalnya. Dalam buku ini juga Rooney menulis apa yang ia rasakan saat ia cedera dan pengalaman pahit yang tentu memberinya suatu pelajaran tersendiri.

  • Samuel Eto’o

Mantan striker Real Madrid dan Barcelona, Samuel Eto’o  berhasil menelurkan karya tulis berupa komik yang berjudul “Eto’o Fils”. Dalam komik yang di buat dalam bahasa Perancis ini berkisah tentang kehidupan Eto’o dan cerita di balik kesuksesannya sebagai pemain bola terkenal dari Afrika.

Dalam karyanya, Eto’o menyampaikan bahwa kesuksesan yang ia raih merupakan hasil dari kerja kerasnya dan hal itulah yang ia ingin sampaikan kepada para pemuda untuk terus bekerja keras dalam meraih cita-cita dan kesuksesan. Bukan hanya itu, ia juga menceritakan kisah hidupnya yang harus bertahan di tengah-tengah garis kemiskinan ketika ia belum sesukses sekarang.

Lagi, komik yang dibuat pemain asal Kamerun yang telah menghasilkan banyak penghargaan ini akan dibuat dalam 5 seri. Dan untuk komik dengan judul “Eto’o Fils” telah terbit Januari 2013 lalu. Namun banyak pihak dan penggemarnya yang menyayangkan karena komik buatan Eto’o hanya dibuat dalam bahasa Perancis.

  • Rahmad Darmawan

Mantan pemain sepak bola Indonesia ini memang tidak lagi terjun ke lapangan hijau untuk mencetak gol, tapi kiprahnya sebagai pelatih sepak bola tak perlu diragukan lagi. Dan ternyata, RD bukan hanya lihai dalam melatih anak didiknya melainkan juga dalam menulis buku.

Bukunya yang berjudul “Jadi Juara Dengan Sepakbola Possession” pertama kali beredar tanggal 9 Juni 2012. Tujuan RD membuat buku ini salah satunya yaitu membuatan keseragaman visi dan misi dalam dunia persepakbolaan.  Hadirnya buku ini juga diilhami melalui pengalaman RD semasa ia menjadi pemain lapangan hijau. Bersama rekannya, Ganesha Putra, buku setebal 133 halaman ini telah beredar di pasaran dengan harga Rp. 60.000.

(mir/rut)

Related Posts