Pesona John Mayer

Gemintang.com – Anak dari ayah bernama Richard yang berprofesi sebagai kepala sekolah sebuah SMP dan ibu bernama Margaret yang berprofesi sebagai guru bahasa Inggris, John Mayer, adalah anak kedua dari tiga bersaudara. John yang memiliki nama lengkap John Clayton Mayer ini lahir di Connecticut pada 16 Oktober 1977 silam.

Penyanyi yang sekarang diketahui sedang menjalin hubungan dengan Katy Perry ini menunjukkan kesukaannya dalam musik khususnya instrumen. Ketika usianya beranjak tiga belas tahun, dia terkesima setelah melihat permainan gitar dari Michael J. Fox. 

John pun mulai mengasah kemampuannya dalam bermain gitar dengan pemilik toko gitar di tempat tinggalnya dan mencoba untuk tampil solo di beberapa acara. Berbagai jenis instrumen lain yang berhasil dikuasainya antara lain piano, vibraphone, harmonica, omnichord, dan percussion.

Ketika usianya beranjak tujuh belas tahun, John mulai menyadari kalau ada bakat lain yang dimilikinya yaitu dalam menulis lirik lagu. Dia menyadarinya ketika mengidap penyakit cardiac dysrhythmia. Pengalamannya selama seminggu dirawat di rumah sakit pun ditumpahkannya dalam lirik lagu pertamanya.

Niat lelaki bershio Ular ini untuk tidak melanjutkan kuliahnya dan hanya fokus dalam musik pun terhenti karena kedua orang tuanya tidak menyetujuinya. Sebelum akhirnya pindah ke Atlanta karena terinspirasi sobat bermain musiknya Clay Cook yang juga melakukan hal yang sama, John sempat menimba ilmu di Berklee College of Music yang ada di Massachusetts.

Selama di Atlanta, John dan Clay membentuk sebuah band bernama LoFi dan mulai tampil di beberapa tempat yang ada di sana. Tapi seiring waktu berlalu, Jhon dan Clay mulai memilih untuk jalan sendiri karena keduanya sudah tidak sejalan dalam musik. Meskipun begitu, Clay sempat ikut serta membantu John ketika merekam album independen berjudul EP Inside Wants Out terutama dalam lagu “Comfortable”.

John pun akhirnya memulai karir musiknya lewat album pertamanya Room for Squares di penghujung tahun 2012 dengan salah satu lagu hitsnya “Your Body Is a Wonderland”. Lewat lagu ini juga di tahun 2003, John mendapat penghargaan Grammy sebagai Best Male Pop Vocal Performance.

Album lainnya yang berhasil disebar ke pasaran adalah Heavier Things di tahun 2003, Continuum di tahun 2006, Battle Studies di tahun 2009, Born and Raised di tahun 2012 dan yang terbaru adalah Paradise Valley di tahun 2013.

Penghargaan lainnya yang pernah diraihnya khususnya dalam Grammy antara lain Song of the Year dan Best Male Pop Vocal Performanceuntuk lagu “Daughters” di tahun 2005, Best Pop Vocal Album untuk album Continuum dan Best Male Pop Vocal Performance untuk lagu “Route 66” di tahun 2006, Best Male Pop Vocal Performance untuk lagu “Say” dan Best Male Rock Vocal Performance untuk lagu “Gravity” di tahun 2009.

Selain ahli dalam memainkan gitar dan membuat lirik, ternyata John juga menunjukkan minatnya dengan melakukan stand-up, menjadi grafik designer, menjadi pembawa acara TV, dan menjadi penulis untuk beberapa majalah.

John sendiri juga dikenal dengan penyanyi yang senang menunjukkan mood dalam genre musik yang dibawa dalam musiknya. Dia pernah mencoba jenis musik blues rock, pop rock, acoustic rock, blue-eyed soul sampai alternative rock.

foto: billboard.com

(mir/rut)

Related Posts