Politikus Tegas Bernurani, Angela Merkel

Photo by theguardian.com

Gemintang.com – Siapa tak mengenal Angela Dorothea Merkel? Kanselir wanita Jerman ini baru saja terpilih kembali untuk ketiga kalinya pada pemilu 22 September 2013 lalu. Perempuan kelahiran Hamburg, 17 Juli 1954 ini, terkenal sebagai politikus yang tegas, bertanggung jawab dan bernurani. Kiprahnya dalam dunia politik pun sudah tak terbantahkan. Mau tahu lebih jauh perempuan tangguh ini?

Politikus yang dijuluki Mama oleh rakyat Jerman ini memang merupakan pribadi yang luar biasa. Kanselir Jerman berusia 59 tahun ini dikenal sebagai pribadi yang ramah, terbuka, bersahaja, jujur, bertanggung jawab, dan matang berpikir sebelum bertindak.

Hal ini diakui bahkan oleh lawan politiknya. Bagaimana tidak? Langkah preventif yang diambil Merkel dalam penyelamatan zona euro berhasil melepaskan Jerman dari lilitan hutang ketika banyak negara Eropa yang sekarang terlilit hutang.

Merkel yang juga merupakan doktor dalam bidang fisika sudah memiliki minat besar akan politik sedari kecil. Secara otodidak istri dari Joachim Sauer (ahli kimia) ini sudah mengetahui betapa besarnya pengaruh politik ketika ia terpaksa menjadi warga negara Jerman Timur dibawah pemerintahan komunis.

Namun kesempatannya untuk masuk dalam dunia politik baru tercipta setelah runtuhnya tembok Berlin. Ketika keadaan politik mulai tenang, Merkel bergabung menjadi anggota partai Uni Kristen Demokrat. Inilah pijakan awal Merkel dalam dunia politik dengan bantuan mentor politiknya, Helmut Kohl.

Integritas Merkel teruji ketika mentornya, Kohl terkena skandal keuangan. Ketegasan dan sikap tidak berkompromi Merkel membuat namanya dikenal di kalangan partai. Akhirnya, di tahun 2005 dengan mengusung makro ekonomi, Merkel terpilih menjadi Kanselir Jerman untuk pertama kalinya.

Langkah-langkah tegas dan keputusan-keputusan Merkel yang seringkali dinilai keras ternyata mampu membangkitkan ekonomi Jerman. Menurut Merkel, lebih baik sakit sedikit sekarang demi masa depan yang lebih baik. Sekarang rakyat Jerman bisa lebih tenang karena semuanya akan ditangani oleh Mama Merkel.

(lyd/rut)

Related Posts