Robin Williams, Berawal dari Stand Up Comedy

Gemintang.com – Robin McLaurin Williams yang lebih dikenal dengan nama Robin Williams merupakan aktor dan komedian kenamaan asal Amerika. Pria kelahiran Illinois tanggal 21 Juli 1951 yang bershio Kelinci ini sudah tidak asing di mata para penikmat film.

Bagi penggemar film komedi, Robert William sudah seperti legenda film komedi, dimana setiap film-film yang dibintanginya selalu hit di pasaran. Mau tahu lebih lengkap tentang perjalanan kariernya di dunia perfilman?

Robin Williams adalah lulusan sekolah seni terkemuka The Julliard School di New York. Ia memulai kariernya sebagai komik, stand up komedian di daerah San Fransisco dan Los Angeles. Kesuksesan stand up komedinya membawa William ke dunia tv, sehingga di tahun 1978 ia memulai debut TV lewat acara komedi Mork and Mindy.

Kesuksesan seri komedi ini membuka pintu baru bagi Williams ke dunia perfilman. Di tahun 1981, ia pun memulai karier perfilmannya dalam film Popeye. Tidak jarang Williams juga diminta menjadi pengisi suara dalam film-film Disney seperti Alladin (1991) dan p (2011).

Film-film Williams berikutnya yaitu Good Morning Vietnam (1987) dan Dead Poets Society (1989), membuahkan Academy Awards. Karier Williams melesat lewat film komedinya seperti  Awakenings (1990), Mrs. Doubtfire (1993), and The Birdcage (1996). Bahkan di tahun 1997, ia mendapatkan piala Oscar sebagai pemeran pendukung terbaik lewat Good Will Hunting (1997).

Williams juga sempat memainkan peran-peran serius dalam film  One Hour Photo (2002), Insomnia (2002), dan The Night Listener (2006). Namun kembali ke komedi lewat Man of the Year (2006), License to Wed (2006), Night at the Museum: Battle of the Smithsonian (2009), Old Dogs (2009).

Tahun ini Williams sudah memiliki banyak proyek, seperti The Big Wedding (2013), The Butler (2013), dan kembalinya William ke dunia tv komedi lewat sitkom The Crazy One (2013).

Sayangnya kesuksesan William di dunia perfilman tidak dibarengi dengan kesuksesannya kehidupan pribadinya. Selama 16 tahun pertama kariernya dalam dunia perfilman, Williams juga berjibaku dengan kecanduannya akan obat-obatan dan minuman.

Ia juga sempat terlibat dalam skandal perselingkuhan yang berakhir dengan perceraiannya dengan istri pertamanya, Valerie Velardi. Namun bapak tiga anak ini sudah menyelesaikan masa rehabilitasi dari kecanduannya dan berkomitmen untuk hidup benar bersama istri keduanya, Marsha Graces.

Hal penting yang dapat kita pelajari dari perjalanan karier dan kehidupan komedian ini adalah bangkit setelah keterpurukan dan terus berkarya dalam bidang yang kita geluti dengan maksimal. Kita tunggu saja karya-karya selanjutnya dari Robin Wiliams, ya.

foto: hbo.com

(ldy/rut)

Related Posts