Sosok Politikus-Politikus Terkaya Indonesia

Photo by forbes.com (Murdaya Poo)

Indonesia memang memiliki banyak politikus dengan berbagai latar belakang pekerjaan yang berbeda. Ada yang berasal dari pebisnis, pendidik, turun temurun keluarga politikus dan lainnya. Dari sosok politkus Indonesia yang ada saat ini, berikut Gemintang akan memberikan daftar politikus-politikus Indonesia terkaya yang berasal dari latar belakang pebisnis sukses. Siapa saja? Ini dia…

1. Hary Tanoesoedibjo

Dengan jumlah kekayaan sebesar Rp. 10,95 triliun, pria kelahiran Surabaya, 26 September 1965 silam ini berhasil masuk daftar politikus muda dengan berlatar belakang pengusaha. Pria yang sekarang bernaung dibawah partai NasDem ini merupakan CEO (Chief Executive Officer) dari MNC Group dengan berbagai jenis usaha di dalamnya.

2. Aburizal Bakrie

Siapa yang tidak pernah mendengar sosok bapak Bakrie? Dari berbagai usaha bisnisnya, beliau bisa memiliki kekayaan sebesar Rp. 8,9 triliun. Pria yang mendapatkan pilihan parpolnya dengan golkar sejak tahun 1984 ini akhirnya berhasil menjadi Ketua Umum Partai Golkar di tahun 2009.

3. Hashim Djojohadikusumo

Sebelum bergabung dengan Partai Gerindra, pria yang juga adik dari Prabowo Subianto ini memiliki usaha di bidang kertas. Beliau memiliki kekayaan sebesar Rp. 7,27 triliun dan dipercaya menjadi Kedua Dewan Pembina Partai Gerindra.

4. Muhammad Aksa Mahmud

Memilih Gerindra sebagai pilihan partai politiknya, ipar mantan wakil presiden Jusuf Kalla kelahiran Sulawesi Selatan, 16 Juli 1945 ini juga masuk sebagai politikus terkaya. Jumlah kekayaan yang dimiliki adalah Rp. 6,53 triliun. Usaha yang dirintisnya adalah sebagai pendiri dan pimpinan dari Grup Bosowa yang dibinanya.

5. Murdaya Poo

Pendiri dari grup Cipta Murdaya ini berhasil masuk dalam daftar politikus terkaya dengan total kekayaan sebesar $ 1,5 miliar. Beliau sendiri saat ini bergabung dengan Partai Demokrat setelah sebelumnya pernah menjadi pengurus dan anggota DPR PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan).

6. Hutomo Mandala Putra

Anak kelima dari presiden Soeharto ini memang sudah memiliki bakat seorang milyuner. Terbukti dengan jumlah kekayaan yang tidak sedikit, yaitu Rp. 4,6 triliun. Tommy, panggilan akrabnya, meskipun belum banyak menimba ilmu politik karena kegemarannya sebagai pembalap ini ternyata berhasil didaulat menjadi ketua Dewan Pembina Partai Nasional Republik, partai tempatnya bergabung saat ini.

7. Airlangga Hartanto

Anak dari menteri Hartanto dan anggota Partai Golkar ini memiliki kekayaan dengan total Rp. 1,29 triliun. Dalam dunia bisnis, beliau pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Emiten Indonesia dari tahun 2005-2008.

8. Jusuf Kalla

Mantan wakil presiden RI, Jusuf Kalla juga terkenal sebagai pengusaha dengan kekayaan Rp. 1,38 triliun. Pria kelahiran Sulawesi Selatan 15 Mei 1942 ini sekarang aktif menjadi Ketua Umum PMI (Palang Merah Indonesia) dan masih memilih Parta Golkar sebagai partai tempatnya bernaung.

9. Prabowo Subianto

Dengan status beliau sebagai anak dari tokoh ekonomi Sumitro Djojohadikusumo dan cucu pendiri BNI (Bank Negara Indonesia), sudah cukup menjadi modal dengan jumlah kekayaan sebesar Rp. 1,57 triliun. Pria kelahiran 17 Oktober 1951 ini sebelum terjun ke dunia politik menimba ilmu di Akabri Darat Magelang dan sering aktif dalam beberapa organisasi sejak tahun 2004. Pada tahun 2008, beliau pun mendirikan sebuah partai yang dinamakan Partai Gerakan Indonesia.

10. Siswono Yudohusodo

Dengan usaha bisnis yang banyak bergerak di bidang properti, pria kelahiran Kutai Barat 4 Juli 1943 ini berhasil mengumpulkan kekayaan sebesar Rp. 1,81 triliun. Sosok politikus yang satu ini memang sudah lama bergerak di bidang politik terbukti dengan terpilihnya beliau sebagai politisi senior dalam Partai Golkar.

11. Surya Paloh

Sebagai bos Media Group, tempat bernaung Metro TV dan surat kabar Media Indonesia, pria kelahiran Banda Aceh 16 Juli 1951 ini memang pebisnis sekaligus politikus kaya yang Indonesia miliki. Jumlah kekayaan yang dimiliki adalah Rp. 1,89 triliun. Setelah sebelumnya bergabung dengan Partai Golkar, kini beliau menambatkan hatinya pada Partai NasDem (Nasional Demokrat).

(lyd/rut)

Related Posts