Makanan-makanan Khas Italia yang Terkenal Kelezatannya

Gemintang.com – Bukan hanya soal sepak bola dan perkembangan seninya, Italia juga kaya akan makanan-makanan khas yang kelezatannya tak perlu diragukan lagi. Tak heran apabila hampir di seluruh penjuru dunia, kita bisa menemukan restoran yang menyajikan kuliner khas Italia.

Terdiri dari hidangan pembuka (antipasto), hidangan utama (primo), dan hidangan penutup (dolce); berikut ini daftar kuliner khas Italia yang terkenal enak dan layak kamu coba!

Hidangan Pembuka:

Bruschetta

Sebagai hidangan pembuka, bruschetta sangat terkenal dan paling diminati di Italia. Terdiri dari roti panggang yang dimasak dengan bawang putih dan diberi taburan minyak zaitun, garam, serta merica. Hidangan lezat ini juga disajikan dengan tambahan tomat, sayuran, kacang-kacangan, daging ayam, dan keju.

Salami

Selain bruschetta, orang Italia juga mengenal salami sebagai hidangan pembuka. Makanan berupa sosis yang terbuat dari campuran daging sapi dan babi ini di bumbui dengan bermacam rempah-rempah. Berukuran sedikit lebih kecil dari daging asap, salami punya warna coklat kemerahan dengan bintik-bintik lemak berwarna putih.

Hidangan Utama:

Risotto

Berbahan dasar beras, risotto awalnya berasal dari daerah Piedmont, dimana tanaman padi tumbuh subur di sana. Bahan dasar yang digunakan adalah bawang putih dan anggur, sedangkan bahan tambahannya bisa bermacam-macam. Berbagai jenis sayuran, daging, dan keju jadi pelengkap dalam hidangan ini.

Pizza

Roti bundar bertabur saus tomat, keju, dan berbagai toping ini jadi salah satu hidangan asal Italia yang paling populer. Makanan yang ditemukan pertama kali di Naples ini biasanya dimasak dalam oven atau tungku. Lantaran sudah mendunia, topping pizza pun bisa sangat beragam dan biasanya disesuaikan dengan daerah-daerah setempat.

Tortellini

Tortellini adalah pasta yang berbentuk mirip pusar. Di dalamnya berisi campuran daging dan keju, serta biasanya disajikan dalam kuah kaldu yang kental. Makanan yang berasal dari distrik Emilia ini, kini sudah sangat populer dan bisa ditemukan hampir di semua restoran Italia yang ada di seluruh dunia.

Spaghetti

Terbuat dari semolina atau adonan tepung dan air, di tempat asalnya, hidangan ini konon harus berukuran panjang 50cm. Namun, umumnya spaghetti modern hanya sepanjang 25-30cm saja. Menu yang paling terkenal adalah Spaghetti alla Carbonara yang dimasak dengan bawang putih, minyak zaitun, saus tomat, dan taburan daging.

Chicken Parmigiana

Hidangan ayam yang sering disebut “Parmi” atau “Parma” ini berasal dari daerah Parmigiana. Terdiri dari dada ayam yang dilapisi tepung roti, hidangan ini disajikan dengan saus Neapolitan yang terbuat dari tomat dan keju. Biasa disajikan dengan keripik kentang dan salad, Chicken Parmigiana punya rasa yang sangat khas.

Panini

Panini adalah sebutan lain untuk sandwich yang terbuat dari roti (tramezzino). Jenis roti yang biasa digunakan adalah ciabatta, rosetta, dan baguette. Roti akan diisi dengan daging asap, ham, dan keju.

Hidangan Penutup:

Panna Cotta

Hidangan penutup ini terbuat dari krim, susu, gula, dan gelatin yang dididihkan dalam keadaan dingin. Panna Cotta disajikan dengan buah-buahan seperti ceri, karamel, saus cokelat, dan buah coulis. Hidangan yang terbuat dari krim sangat manis ini tepat untuk menutup makan malammu yang sempurna.

Tiramisu

Sama seperti Panna Cotta, Tiramisu merupakan hidangan penutup yang dikenal dengan cita rasa kopinya. Tiramisu terbuat dari kue berbentuk jari yang dicelupkan dalam kopi. Selain dibuat berlapis, dicampurkan pula kuning telur, putih telur, gula, keju mascarpone, dan dibumbui dengan bubuk coklat.

Gelato

Makanan berupa es krim ini sedikit berbeda dari es krim pada umumnya. Teksturnya lebih padat dan diolah dengan proses khusus sehingga perkara rasa tak perlu diragukan lagi. Gelato biasanya disajikan dengan bahan campuran seperti biskuit, buah-buahan, dan berbagai jenis kacang.

foto: google

(nab/rut)

Makanan-makanan Khas Italia yang Terkenal Kelezatannya silky

Review

Makanan-makanan Khas Italia yang Terkenal Kelezatannya

Summary: Makanan-makanan Khas Italia yang Terkenal Kelezatannya

5

Good

User Rating: 3.7 (1 votes)

Related Posts