4 Aturan dalam Negosiasi

Gemintang.com – Dalam dunia bisnis, negosiasi merupakan hal mendasar yang perlu dilakukan demi tercapainya sebuah kesepakatan. Seorang negosiator ulung yang memberikan keuntungan pada perusahaan akan dianggap sebagai satu aset berharga.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara bernegosiasi yang benar, akibatnya banyak kesempatan emas yang terlepas dari genggaman hanya karena kesalahan-kesalahan sepele. Untuk menjadi seorang negosiator ulung, ada 4 aturan dasar yang wajib kamu ketahui dan lakukan, Sobat.

1. Menang bukan segalanya

Sebelum kamu melakukan negosiasi, cari berbagai alternatif yang dapat kamu lakukan bila negosiasi itu gagal. Pastikan kemenangan negosiasi bukanlah segalanya sehingga kamu tidak tampak seperti pihak yang putus asa.

2. Jangan terburu-buru

Carilah informasi sebanyak mungkin tentang pihak yang kamu ajak bernegosiasi sehingga kamu tidak akan salah ucap atau bertindak saat suatu kesepakatan dirundingkan. Kamu harus memastikan pihak lawan akan memberikan hal yang sepadan dengan apa yang kamu tawarkan. Yang terpenting, pihak lawan menyadari bahwa mereka membutuhkan penawaranmu.

3. Bangun kepercayaan

Kepercayaan adalah kunci penting yang membawamu meraih kemenangan dalam negosiasi. Kamu harus menjadi pihak yang dapat dipercaya, jujur, dan bisa diandalkan. Seringkali demi mendapat hasil instan, banyak yang mencoba untuk menjilat atau memberikan ‘servis murah’ pada pihak lawan. Sayangnya, alih-alih mendapatkan kepercayaan, reputasi dan kredibilitas yang ada bisa hancur.

4. Lihat kebutuhan bukan keinginan

Pahami betul apa yang pihak lawan butuhkan yang dapat kamu penuhi. Bukan berarti kamu harus mengikuti semua keinginan mereka. Terangkan dengan jelas batas-batas dalam kesepakatan yang tidak akan merugikan, baik kamu maupun pihak lawan dikemudian hari.

foto: lopichlawyers.com.au

(ysf/rut)

Related Posts