4 Hal yang Perlu Didengar Seorang Anak dari Ayahnya

Gemintang.com – Tugas seorang ayah bukan hanya sebagai pemberi nafkah keluarga, namun juga seharusnya menjadi pendidik, pemelihara, pelindung, dan pembimbing dalam keluarga. Ayah harus bisa memberikan kebutuhan dasar yang diperlukan keluarganya yaitu kasih sayang, perhatian, dan kebutuhan jasmani.

Pada dasarnya ada empat hal yang perlu diketahui seorang anak dari ayahnya, yang menunjukkan kepastian posisinya dalam keluarga. Berikut adalah keempat hal yang menurut Roland Warren, ketua asosiasi Inisiatif Kebapakan Nasional, harus diketahui seorang anak dari ayahnya:

1. Ayah PEDULI pada anaknya

Hal ini dapat ditunjukkan dengan banyaknya waktu yang diluangkan sang ayah untuk sang anak. Waktu berkualitas sang ayah dengan anaknya bisa dihabiskan dengan melakukan kegemaran bersama, mengobrol bersama, nonton bareng, atau sekedar membicarakan hal-hal dasar dalam hidup. Anak perlu tahu bahwa mereka adalah prioritas utama orangtuanya.

2. Ayah MENCINTAI sang anak

Ada banyak cara untuk menunjukkan rasa sayang pada anak, bisa melalui perkataan ataupun perbuatan. Kata-kata seperti “Papa sayang kamu” wajib didengar anak, entah itu sekali seumur hidup atau sering dan berulang-ulang.

Jangan salah, anak sangat perseptif dengan ungkapan-ungkapan kasih, dimana mereka mampu membedakan ungkapan yang tulus dengan yang dibuat-buat atau hanya kebiasaan. Sentuhan dan pelukan atau rangkulan juga sangat anak perlukan. Terkadang hal-hal seperti ini mengungkapkan lebih banyak dibandingkan kata-kata.

3. Apa yang dilakukan sang anak PENTING bagi Ayahnya

Tidak ada salahnya bila sang ayah menanyakan kegiatan sehari-hari sang anak untuk menunjukkan keingintahuannya dengan tidak berlebihan sampai-sampai membuat sang anak risih. Cukup tahu dan memberi restu atau memberi peringatan serta nasihat untuk kegiatan yang dianggap tidak terlalu penting.

Daripada memberi banyak nasihat bagaimana melakukan sesuatu, sebaiknya tunjukkan sehingga sang anak melihat bukti nyata. Misalnya, ayah menginginkan anaknya untuk menghormati orang lain, tunjukkan lebih dulu bahwa sang ayah menghormati dan menghargai anaknya. Dengan demikian sang anak akan mengikuti teladan sang ayah dengan sendirinya.

4. Ayah BANGGA dengan anaknya

Anak perlu tahu bahwa apapun prestasi yang ia capai, ayah tetap bangga akan anaknya. Hal ini akan membuat sanga anak percaya diri ketika ia harus terjun ke dunia yang penuh dengan intimidasi dan pelecehan. Pujian dan kata-kata dorongan perlu diberikan kepada sang anak sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sang anak.

Pastikan anak mengetahui bahwa rasa sayang ayah tak bersyarat dan tak akan berubah apapun yang terjadi.

foto: metropoliscorp.com

(ldy/rut)

Related Posts