5 Tips Kembangkan Karier

Gemintang.com – Apakah Sobat Gemintang sedang merasa jenuh dalam perjalanan kariermu? Atau kamu merasa seharusnya mendapatkan sesuatu yang lebih baik? Bila hal ini kamu alami, ada baiknya kamu mulai introspeksi diri dan berbenah. Analisa apa saja faktor yang menyebabkan karier kamu jalan di tempat. Setelah itu, kamu bisa mencoba mempraktikkan 5 tips sederhana untuk mulai mengembangkan karier.

1. Mulai pasarkan diri kamu

Buatlah daftar apa saja kelebihan dan kekuranganmu. Pastikan kamu mengasah semua kelebihanmu selama kamu bekerja. Dengan cara ini kamu bisa memasarkan keahlian-keahlianmu. Selain itu, pandai-pandailah melihat kesempatan yang memungkinkan kamu menawarkan bantuan yang berhubungan dengan keahlianmu.

2. Tingkatkan kemampuan komunikasi

Keahlian berkomunikasi sangatlah penting tidak peduli apapun pekerjaan kamu. Kemampuan berkomunikasi yang baik akan membantumu untuk membangun relasi dan jejaring yang mungkin akan kamu butuhkan di masa depan. Nilai lebih akan kamu dapatkan bila kamu juga menguasai beberapa bahasa asing. Jadi tidak ada salahnya mengambil kelas tambahan atau les bahasa dan komunikasi.

3. Jangan ragu untuk memimpin

Pria dan wanita memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda. Bila kamu diamanatkan untuk memimpin sebuah organisasi atau pekerjaan, kamu tidak perlu takut. Seringkali yang membatasimu untuk mampu memimpin adalah persoalan gender. Sering ditemui para pemimpin wanita yang cenderungan menghindari gaya memimpin pria, dan begitu pun sebaliknya.

Nah, kamu harus berhenti berpikir demikian. Tidak ada salahnya menggabungkan sisi maskulin dan feminin untuk mencari gaya yang paling sesuai dengan kepribadianmu. Originalitas merupakan salah satu kunci kesuksesan.

4. Jangan cuma cari aman

Salah satu hal yang dapat membuat kamu stuck dalam karier adalah keinginan untuk selalu menyenangkan semua orang. Padahal, ada waktunya kamu harus berani mengambil resiko dan sikap yang berbeda dari kolega-kolegamu.

Tidak mustahil kamu akan sedikit ditandai dan mungkin dipandang sebelah mata. Sikap terlalu menghindari konfrontasi bisa jadi sebuah kebiasaan yang sulit untuk diperbaiki. Jadi, jangan takut mengambil resiko!

5. Teruslah belajar

Bila kamu merasa puas dengan apa yang kamu kerjakan sekarang, kamu akan sulit berkembang. Carilah hal-hal yang ingin kamu capai. Perbesar kapasitas dirimu dengan berbagai ilmu dan keahlian. Akan lebih baik bila kamu dapat menemukan seorang mentor yang bisa membantumu. Mentor bisa sekaligus menjadi motivator dan pembimbing kamu.

foto: galleryhip.com

(ldy/rut)

Related Posts