6 Hal yang Harus Dilakukan agar Tak Ditinggalkan Sahabat

Gemintang.com – Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup. Dalam keadaan susah maupun senang, manusia memerlukan sosok pendamping yang mampu menerima segala kekurangan dan kelebihannya. Sosok tersebut sering disebut sebagai sahabat.

Mencari dan menemukan sahabat sejati tidaklah mudah, maka ketika kamu sudah mendapatkannya, jangan pernah sekalipun melepaskan dia sepelik apapun masalah yang kamu dan sahabat hadapi. Nah, agar sahabat terbaikmu tidak meninggalkan kamu, yuk lakukan 6 hal ini.

1. Jujur

Kejujuran ibarat fondasi dasar dalam sebuah hubungan; kokoh dan permanen. Kejujuran membuat ikatan batin persahabatan menjadi erat. Jangan ragu untuk berkata jujur kepada sahabatmu, jika dia tidak mau menerima kejujuran yang kamu utarakan, mudah saja, itu artinya dia bukan sahabat terbaikmu. Seorang sahabat akan selalu menghargai sebuah kejujuran.

2. Meminta maaf

Dalam hubungan apapun pasti ada masa di mana pertengkaran dan permasalahan terjadi. Ketika hal tersebut berlangsung, seringkali rasa ego yang tinggi begitu mendominasi sehingga membuat masalah makin runyam. Nah, agar sahabatmu tidak meninggalkanmu, segeralah minta maaf. Cara ini terbukti ampuh untuk menyelamatkan sebuah persahabatan.

Meminta maaf tidak selalu menunjukkan kamu pihak yang salah, tetapi ini adalah caramu membuktikan kebesaran hatimu. Leburkan seluruh masalahmu dengan sahabat dengan permintaan maaf yang tulus.

3. Ucapan terima kasih

Biasakan diri mengucapakan dua kalimat ini kepada sahabatmu ya, Sobat. Walaupun terlihat sederhana, namun sahabatmu akan merasa dihargai ketika kamu mengucapkan kalimat terima kasih atas apa yang telah ia lakukan kepadamu. Jangan berpikir meskipun hubungan kamu dan sahabat sangat dekat, kamu menganggap enteng arti ucapan terima kasih.

4. Memberi dan menerima

Karena kita tidak selalu dalam keadaan bahagia dan selalu memiliki kemungkinan untuk dirundung masalah, sahabat adalah orang yang ada di belakang kita untuk menyuplai kekuatan baru. Saat kita selalu ada untuknya, seorang sahabat juga akan melakukan hal serupa. Jadi, jangan hanya menuntut ini-itu kepada sahabatmu tetapi cobalah berkorban untuknya.

5. Mampu menjaga rahasia

Hidup dan mati dikuasai lidah. Apabila kamu tidak mampu menjaga rahasia sahabatmu, bisa dipastikan hubungan persahabatanmu tak akan bertahan lama. Agar dia tidak meninggalkanmu, jagalah terus kepercayaannya. Menjaga rahasia sahabat merupakan kewajiban tak tertulis yang harus kamu lakukan dengannya.

6. Saling menghargai satu sama lain

Seberapa dekatpun hubunganmu dengan sahabat, kamu tidak berhak untuk mengendalikan kehidupannya. Kamu mungkin memunyai pandangan serta pendapat yang berbeda, tapi bukan berarti kamu bisa memaksakan kehendak dan pendapatmu kepadanya. Kamu harus tetap menghargai keputusan sahabatmu meskipun hal itu tidak kamu sukai. Intinya adalah tanamkan sikap saling menghargai.

foto: elitedaily.com

(nab/rut)

6 Hal yang Harus Dilakukan agar Tak Ditinggalkan Sahabat silky

Review

6 Hal yang Harus Dilakukan agar Tak Ditinggalkan Sahabat

Summary: 6 Hal yang Harus Dilakukan agar Tak Ditinggalkan Sahabat

5

Good

User Rating: 1.9 (8 votes)

Related Posts